Anak-anak menginjak usia empat tahun , mereka sudah bisa untuk mengungkapkan perasaan yang kompleks dengan bahasa tubuh seperti senang, sedih atau takut, kata sebuah penelitian.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Child Psychology mengatakan, orangtua dapat membantu mereka belajar dan mengendalikan perasaan yang lebih kompleks seperti rasa bangga, optimisme, kekecewaan dan frustrasi.

Untuk penelitian ini, sekelompok anak-anak prasekolah ikut dalam suatu lomba yang diakan di mana sudah memutuskan siapa yang akan jadi pemenang.

Para peneliti mendapai bahwa pemenang yang – meskipun berumur 2 tahun – menunjukkan sedikit kesombongan: Kepala terangkat tinggi, dada dibusungkan, berkacak pinggang dalam pose sebagai pemanang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak sudah siap untuk percakapan tentang perasaan yang kompleks pada usia empat tahun, kata para peneliti.

“Ketika orang tua berbicara dengan anak-anak mereka tentang perasaan, anak-anak menunjukkan regulasi emosional yang lebih baik karena bertabahnya usia mereka,” kata salah satu peneliti Ross Flom, profesor psikologi di Brigham Young University di Amerika Serikat.

Share

Video Popular