Apakah Anda bekerja dari rumah, memutar film streaming, atau acara televisi dari komputer Anda, atau hanya sekedar browsing internet setelah bekerja seharian? Memiliki koneksi nirkabel yang lambat dapat menjadi pemicu stres utama. Ini bisa sulit untuk memastikan apa yang menyebabkannya melambat dan bahkan lebih dari sebuah tantangan untuk mengetahui persis bagaimana untuk memperbaiki masalah ini.

Bahkan jika Anda bukan seorang ahli dalam koneksi internet, ada beberapa cara sederhana yang dapat meningkatkan kekuatan dan kecepatan jaringan nirkabel Anda.

1. Amankan Jaringan Anda

Kecepatan koneksi juga dapat berkurang ketika jaringan nirkabel Anda tidak aman. Luangkan waktu untuk menyiapkan password yang aman, menonaktifkan daya jangkau jaringan Anda untuk pengguna sekitar dan mematikan router jaringan tamu jika ada yang datang. Tindakan ini tidak hanya akan dapat meningkatkan kecepatan dan kekuatan jaringan nirkabel Anda, namun mereka juga akan menjaga jaringan Anda dari hacker dan penyusup lainnya.

2. Gunakan repeater

Pengguna internet yang memiliki rumah besar mungkin menemukan bahwa router nirkabel tunggal sama sekali tidak memberikan sinyal yang mereka butuhkan. Sebuah wifi repeater memungkinkan Anda untuk memperluas jaringan nirkabel.

Perangkat ini cukup murah dan kompatibel dengan kebanyakan router nirkabel. Solusi repeater juga bekerja dengan baik untuk memperluas jangkauan jaringan dalam suasana kantor atau milik masyarakat yang memiliki jangkauan yang lebih besar.

3. Batasi penggunaan bandwidth

Jika Anda melakukan banyak streaming video atau televisi melalui jaringan Anda, membatasi jumlah bandwidth yang digunakan oleh aplikasi atau layanan tertentu dapat membantu menjaga kecepatan dan kekuatan sinyal yang terbaik. Quality- of-Service atau QoS, memungkinkan Anda untuk memilih aplikasi yang Anda inginkan guna memiliki kecepatan terbesar dengan jumlah lag terendah, dengan membatasi aplikasi lain selama jam-jam tertentu.

4. Ubah lokasi router

Router nirkabel dapat rewel. Bahkan ketika Anda sudah memasangnya di dalam, dan semua lampu yang tepat tampaknya telah bersinar terang, namun kekuatan dan kecepatan koneksi Anda masih saja tidak ideal. Guna meningkatkan kekuatan koneksi Anda, tempatkan router di tengah rumah atau apartemen dengan berhadapan langsung dengan perangkat yang paling sering Anda gunakan.

Selain itu, dengan meletakkan router Anda di samping tembok atau dinding logam dapat mengganggu sinyal, selain itu tepat di sebelah perangkat Anda juga dapat menghasilkan stagnasi.

5. Upgrade router Anda

Jika Anda telah menjelajahi tips tersebut untuk meningkatkan kekuatan dan kecepatan koneksi nirkabel, tetapi tidak mengalami tingkat perbaikan, mungkin akan bermanfaat untuk berinvestasi dalam hal lain yang baru, yakni router nirkabel yang lebih kuat

Saat ini, router nirkabel datang dengan berbagai fitur keamanan dan tingkat kompatibilitas dengan perangkat yang berbeda dengan kecepatan koneksi jaringan, masing-masing memulai anggaran biaya berdasarkan spesifikasi ini.

Jika Anda telah menggunakan router nirkabel yang sama selama beberapa tahun terakhir atau telah melihat perubahan mendadak dalam koneksi Anda, router yang lebih modern dengan fitur upgrade dapat memberikan kelonggaran yang Anda cari dari internet yang lambat dan lemah. (Zzr/Yant)

Share

Video Popular