Erabaru.net. Berapa banyak Anda kehilangan waktu tidur?

Penelitian menunjukkan hanya kehilangan 40 menit waktu tidur bisa meningkatkan kecelakaan kerja.

Efek samping lainya yang serius dari kurang tidur adalah masalah berat badan.

Kurang dari yang direkomendasikan jam tidur setiap malam bisa menambah timbunan lemak di tubuh Anda.

Berdasarkan penelitian dari American Academy of Sleep Medicine, berikut beberapa alasan untuk mendapatkan tidur yang cukup.

Anda merasa kurang lapar

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLoS Medicine menemukan bahwa durasi tidur yang singkat, dapat mengganggu keseimbangan tubuh, yakni gangguan pada nafsu makan dan gangguan pada pengaturan hormon leptin dan ghrelin (hormon leptin adalah hormon yangmemberitahu otak, ketika Anda merasa kenyang dan hormon ghrelin adalah hormon yang memberitahu otak akan rasa lapar).

Terlebih lagi, kurang tidur juga memiliki BMI (Body Mass Index) menjadi lebih tinggi.

Mencegah makan berlebihan makanan junk food

Anda perlu bahan bakar untuk tetap terjaga dan aktif, sehingga melewatkan tidur dapat menyebabkan Anda makan lebih dari yang Anda biasanya makan dalam upaya untuk meningkatkan tingkat energi Anda.

Sebuah studi dari Universitas di Colorado, AS, menunjukkan bahwa waktu tidur yang tidak cukup memadai, dapat meningkatkan asupan kalori tubuh hingga 5 persen, sehingga menyebabkan kenaikan berat badan.

Terlebih lagi, sebuah studi pada tahun 2013 menemukan bahwa berkurangnya waktu tidur yang optimal, dapat menyebabkan gangguan pada fungsi otak yang berfungsi untuk pemilihan makanan, menyebabkan keinginan untuk makan pada makanan yang berkalori tinggi, namun,kurang gizinya.

Mengurangi risiko obesitas

Sebuah studi di American Journal of Epidemiology 2013 lalu menemukan bahwa orang dewasa yang secara teratur hanya mendapatkan lima atau enam jam tidur setiap malam memiliki risiko 40 persen lebih tinggi terkena obesitas daripada mereka yang 7-8 jam mendapatkan tidur setiap malamnya.

Meningkatkan kesempatan untuk penurunan berat badan

Sebuah studi tahun 2012 dalam jurnal Obesity menemukan bahwa orang dewasa yang mempunyai kelebihan berat badan / obesitas, dapat mempunyai kesempatan menurunkan berat badannya, jika memiliki kualitas tidur yang optimal selama lebih dari 7 jam setiap malamnya.(Anai)

Share

Video Popular