Anda tidak dapat berbicara tentang kesehatan yang optimal tanpa membahas sisa hasil pencernaan (kotoran). Buang air besar secara teratur adalah bagian terpenting dari proses ini. Bentuk kotoran bisa mengungkapkan masalah pada diri kita, Jika BAB mengandung lemak dan licin berminyak, pertanda sistem pencernaan dalam tubuh Anda tidak dapat menyerap lemak dengan baik. Dan ketika BAB Anda keras, juga berbentuk bulatan kecil, dapat berarti Anda kurang mengonsumsi makanan dan sayuran yang berserat.

Anda setidak memiliki setidak satu sampai tiga kali dalam sehari untuk buang air besar. Jika Anda mengalami kesulitan mendapatkan BAB, cobalah 5 cara berikut.

Banyak minum air

Banyak minum air dapat membantu dan memperlancar BAB Anda. Ini akan membantu setidaknya sekali sehari untuk buang air besar. Anda juga bisa mengonsumsi segelas kopi atau teh peppermint hangat, sesudah minum segelas besar air.

Mengonsumsi makanan yang berserat

Mendapatkan asupan serat 50 gr sehari adalah penting, ini akan menghidarkan Anda dari sembelit. Dan itu tidak sekaligus, secara bertahap dari 5 gr sampai kebutuhan serat harian Anda terpenuhi. Anda dapat mengonsumsi beberapa buah apel, papaya dan buah plum yang tinggi akan serat makanan, serta mengosumsi beberapa jenis minuman smoothie lainnya.

Mengonsumsi suplemen

Anda dapat mengonsumsi vitamin C (mulai dengan satu gram dan peningkatan yang diperlukan hingga lima gram) dan magnesium (mulai dengan 300 miligram dan meningkatkan sesuai kebutuhan hingga 1.000 miligram). Dan jika BAB Anda berair, kurangi asupan suplemen Anda dari ukuran biasa.

Jika Anda mengonsumsi suplemen yang mengandung zat besi dan kalsium, dapat menyebabkan sembelit juga, sehingga Anda perlu untuk mengambil beberapa suplemen untuk mengimbangi efek darinya.

Cukup berolahraga

Melakukan pelatihan interval dengan resistensi yang tinggi dan penurunan berat badan sangat efisien untuk mendapatkan BAB. Dengan berjalan kaki selama 30 menit juga dapat membantu kelancaran proses BAB Anda.

Minum ramuan herbal

Jika tidak ada strategi ini berhasil, cobalah magnesium sitrat atau minuman herbal seperti cascara sagrada, senna, rhubarb China atau frangula dalam jangka pendek.

Minuman herbal ini dapat mengatasi sembelit saat bepergian dan hanya dapat dikonsumsi untuk beberapa hari, karena dapat mengiritasi lapisan saluran pencernaan,jika dikonsumsi melebihi batas yang dianjurkan.

Sembelit dan masalah BAB lainnya dapat menjadi gejala dari masalah yang lebih serius seperti ketidakseimbangan tiroid.

Jika Anda sering mengalami masalah BAB yang tidak lancar dan berkepanjangan, segera konsultasi dengan dokter Anda (Anai/Yant)

Share

Video Popular