Ada banyak penyebab perdarahan dari hidung Anda. Umumnya, dalam beberapa kasus, mimisan tidak menjadi perhatian bagi kebanyakan orang. Namun, jika banyak darah yang hilang karena perdarahan hidung yang rutin terjadi, maka butuh perhatian dan penanganan medis untuk mengatasi penyebabnya.

Beberapa penyebab umum dari pendarahan hidung adalah alergi hidung, luka kecil di hidung, dingin, flu, ketinggian, udara kering. Terlepas dari penyebab perdarahan hidung, ada beberapa cara sederhana untuk menghentikannya segera.

Cuka putih

Cuka dapat membersihkan, mengerin kan serta menyembuhkan luka berdarah dalam hidung Anda. Celupkan bola kapas dalam cuka putih dan masukkan pada lubang hidung Anda. Diamkan selama beberapa menit dan pendarahan hidung Anda akan segera berhenti

Penguapan

Pendarahan pada hidung dapat disebabkan oleh kepadatan pembuluh darah dan hidung tersumbat, dapat diobati dengan cara penguapan. Penguapan juga dapat mengendurkan pembuluh darah hidung yang mengerut.

Rebus air dan kemudian hirup uap dari air panas tersebut, dengan meletakkan handuk di atas kepala Anda, untuk beberapa saat, maka hidung Anda dapat menjadi normal dan sehat kembali.

Garam

Iritasi hidung juga dapat menyebabkan hidung berdarah. Untuk menghilangkan iritasi hidung dan alergi, Anda dapat menggunakan air garam untuk mengatasinya. Campurkan satu sendok teh garam dalam secangkir air dan basuh hidung Anda .

Es

Jika terjadi perdarahan pada hidung, akibat luka jatuh (cedera), Anda dapat menggunakan es batu. Es dapat berperan untuk mengikat pembuluh darah pada hidung, sehingga dapat menghentikan perdarahan dan meredakan peradangan.

Hancurkan beberapa es batu dan menempatkannya dalam kantong plastik. Kemudian, lapisi dengan handuk basah. Kompres hidung Anda secara lembut pada batang hidung dan tahan sebentar dan berganti sisi, sampai pendarahan berhenti.

Vitamin E

Keringnya minyak dalam hidung juga mejadi penyebab hidung berdarah. Setiap kali hidung berdarah, tusuk kapsul vitamin E untuk melepaskan minyak di dalamnya. Oleskan minyak vitamin E ke dalam hidung Anda untuk melembabkan dan menghidrasi hidung Anda. Vitamin E juga membantu untuk menyembuhkan luka hidung.

Menekan

Menekan secara lembut hidung Anda, terkadang dapat menghentikan pendarahan hidung. Anda dapat memberi sedikit tekanan pada hidung, ketika terjadi pendarahan dengan tisu atau sapu tangan . Tekan dengan lembut beberapa kali, hingga pendarahan berhenti.

Makanan yang kaya vitamin C

Vitamin C adalah satu-satunya vitamin, yang dapat menyembuhkan luka dan membentuk kolagen yang baru. Vitamin C ini, dapat menghentikan pendarahan dan menyembuhkan luka hidung Anda. Hal ini juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah Anda dari masuk angin dan flu.

Dengan banyak mengonsumsi buah yang kaya vitamin C seperti ; jeruk, pepaya, tomat,dan lainnya secara teratur, dapat menghindarkan Anda dari pendarahan, juga mimisan pada hidung Anda.(Anai)

Share

Video Popular