Di sekolah-sekolah Jepang, jika ingin mendapatkan sesuatu yang langka juga harus melalui kompetisi yang adil, semua siswa bermain suatu permainan, yang kalah dieliminasi, jadi untuk mendapatkan sesuatu atau penghargaan/hadiah itu harus mengandalkan usaha keras masing-masing.

Ketika berbicara menyangkut mendidik anak-anak, pola pendidikan tidak akan sama. Tapi tahukah Anda bagaimana orang-orang Jepang itu mendidik anak-anaknya? Artikel terkait berikut ini akan menjelaskan pada Anda secara rinci pola pendidikan anak-anak di Jepang.

Pendidikan anak bervariasi karena golongan darah

Golongan darah berpengaruh pada karakter dan kepribadian seseorang, ini adalah fakta yang bisa diterima oleh semua orang. Terhadap anak dengan jenis golongan darah yang berbeda, orangtua juga sebaiknya memiliki pola sikap yang berbeda. Bimbingan pada anak sesudah lahir bisa secara pendidikan meningkatkan atau menyempurnakan keterampilan sosialnya atas dasar aslinya dari jenis golongan darah yang berbeda. Adalah masa yang paling efektif dalam membentuk kepribadian anak-anak ketika mereka berada dalam periode pelastisitas yang sangat kuat.

Anak golongan darah A : Mendorongnya agar lebih cepat mandiri

Anak dengan golongan darah A nyalinya kecil, suka menyendiri, tidak suka menjalin hubungan (persahabatan) dengan orang asing. Tapi mereka yang bergolongan darah A ini sangat sensitif intuisinya, pandai menyesuaikan diri, terus melatih diri untuk beradaptasi dengan lingkungan.

Di rumah, biarkan anak-anak dari golongan darah A ini menyelesaikan sesuatunya secara mandiri, tetapi Anda harus lebih banyak turut campur. Orangtua juga sebaiknya menciptakan sebuah lingkungan sosial yang baik baginya, bisa mengajaknya untuk ikut dalam berbagai kegiatan. Jika sudah membuat janji dengan seorang teman untuk keluar bermain, sementara teman yang satunya lagi datang mencarinya, maka cobalah Anda memberikan isyarat yang tepat kepadanya “Bukannya lebih bagus kalau bisa bermain bersama ?” Setelah anak-anak belajar dari orangtua tentang pengalaman-pengalaman sosial ini, kelak di kemudian hari ia tidak akan menjadi kikuk dan bingung lagi saat menemui situasi seperti itu.

Kelebihan dari mereka yang bergolongan darah A adalah sangat hati-hati, cermat, teratur, sangat cocok dan berbakat dalam bidang politeknik, selain itu juga sangat cocok dalam bidang pekerjaan administrasi, guru, cendekiawan, insinyur dan sebagainya.

Anak golongan darah O : Ajarkan kepadanya tentang berdiskusi dengan orang lain

Di antara empat jenis golongan darah, mereka yang bergolongan darah O paling cakap dalam hal ketrampilan sosial. Dalam proses berhubungan dengan lingkungan baru, pikirannya sangat tenang, tidak mudah berbuat sesuatu berdasarkan emosi, mampu menangani segala sesuatunya dengan sangat mengesankan.

Tapi golongan darah O terkadang akan mengemukakan sesuatu yang baru dan lain dari yang lain (unik). Menunjukkan terlalu banyak keistimewaannya, sehingga rentan memicu perasaan iri diantara anak-anak lainnya, saat seperti itu sebaiknya orangtua mengingatkannya untuk lebih banyak berkomunikasi dengan anak-anak di sekelilingnya, koordinasikan dengan baik hubungan antar sesama, menuntunnya untuk memahami prinsip bahwa “persatuan adalah kekuatan”.

Kelebihan paling menonjol mereka yang bergolongan darah O adalah kualitas fisiknhya sangat bagus, berkemauan keras, memiliki ketrampilan sosial yang kuat, sedangkan dari sisi olahraga, politik, diplomat, jasa layanan, marketing, mereka akan sangat berguna.

Anak golongan darah B : Biarkan dia berteman secara luas

Anak-anak dari jenis golongan darah memiliki sifat yang optimis, ceria, dan bebas tak terikat, dan umumnya ini baru akan ditunjukkan di dalam lingkungan teman-teman dan kebiasaannya. Mereka yang bergolongan darah B punya rasa keterasingan bawaan terhadap orang lain, mereka enggan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan kelompok, dan hal ini akan membuatnya merasa sulit untuk bergaul dengan orang lain.

Orangtua seyogyanya menjadikan keluarga sebagai pusat, secara bertahap memperluas lingkup pergaulan, dan secara luas menjalin kontak dengan beragam tipe/karakter manusia. Anda bisa memintanya pergi bersama dengan teman-teman ke sekolah, pulang sekolah bersama, dan bermain bersama. Secara bertahap kembangkan semangat aktif berpartisipasi dalam kegiatan kelompok, agar memperoleh keterampilan interpersonal tertentu.

Sebagai ayah/ibu dari anak bergolongan darah B, Anda sendiri juga perlu bergaul dengan berbagai orang, untuk memberikan lebih banyak kesempatan pada anak-anak menjalin hubungan dengan orang lain.

Kelebihan mereka yang bergolongan darah B punya kepribadian yang ceria, terbuka, pemikiran dinamis, sangat cocok terjun dalam bidang pekerjaan artistik, seperti desain fashion, pariwisata, media massa dan bidang pekerjaan lainnya, juga membutuhkan sejumlah besar orang-orang berbakat dari golongan darah B.

Anak golongan darah AB : Mendorong semangatnya untuk mandiri

Anak-anak dari jenis golongan darah AB sangat percaya diri, responsif, selalu menyelami sampai ke akar-akarnya terhadap hal-hal yang menarik perhatiannya, memiliki tekad yang kokoh. Ketika ia memasuki lingkungan yang asing, ia akan menunjukkan perasaan tegang dan gelisah, tapi ia akan bertahan sampai berhasil.

Bagi mereka yang bergolongan darah AB, orangtua tidak perlu khawatir apakah ia bisa beradaptasi dengan masyarakat. Jangan terlalu memanjakan dan melindunginya, yang hanya akan membuatnya kehilangan kemampuan untuk mandiri. Anda bisa mendorongnya (memberi semangat) agar secara inisiatif membantu orang lain, seperti misalnya ketika ada anak-anak atau teman-teman yang jatuh sakit, Anda bisa menyuruhnya agar berinisiatif pergi menjenguknya, atau biarkan ia merasakan sejumlah cobaan pahit dan kegagalan.

Kelebihan mereka yang bergolongan darah AB, cerdas, semangat kreatif (hasrat belajar tinggi), dan keinginan yang kuat untuk mandiri, bisa mengembangkan talentanya dalam bidang sastra atau musik dan seni kreatif lainnya.

Oleh karena itu, para orangtua perlu memahami lebih banyak pengetahuan, sehingga bisa mempertimbangkan jenis pendidikan yang paling cocok bagi anak-anak dengan berdasarkan karakter atau kepribadiannya, agar ia dapat tumbuh sehat dan ceria.(Jhn/Yant)

Share

Video Popular