Sangat penting untuk mengajarkan ketaatan kepada anak-anak. Ketika Anda mencoba untuk mengajarkan sesuatu, Anda mungkin menghadapi tantangan tertentu. Anak-anak suka memberontak karena mereka secara alami ingin melakukan hal-hal dengan cara mereka.

Dan penting menanamkan perilaku yang disipilin dari orangtua terhadap anak – anaknya ketika masih kecil, sehingga anak dapat belajar untuk mengubah dan menyesuaikan diri dengan aturan sekolah dan masyarakat saat dewasa nantinya.

Bersikap tegas namun tenang

Ketika ingin menetapkan aturan-aturan tertentu untuk anak, Anda harus terlebih dahulu bersikap lembut, tenang namun tegas. Berperilaku yang keras dan kasar pada anak hanya dapat membawa dampak buruk pada anak, sehingga anak akan cenderung berwatak keras kepala, membantah dan merasa tertekan bahkan trauma nantinya.

Menghormati

Menghormati orang lain adalah salah satu contoh perilaku moral yang penting. Sebagai anak juga memiliki kecenderungan untuk mempelajari segala hal – hal baru dari lingkungan di sekitarnya. Dan sebagai orangtua, Anda juga harus belajar untuk mematuhi peraturan dalam keluarga,sehingga anak Anda akan dapat mencontoh segala perilaku Anda yang baik.

Tetap konsisten

Bagaimana mengajar kepatuhan pada anak-anak? Lebih baik untuk selalu menjaga segala peraturan keluarga secara konsisten atau tetap dalam kehidupan sehari – hari. Jika peraturan keluarga yang Anda buat melemah atau mengendur, maka anak-anak dapat berpikir bahwa kepatuhan adalah sifat yang ditampilkan sesuai kenyamanan saja.

Memberi Penghargaan

Ketika anak berperilaku yang baik dan penuh kepatuhan pada peraturan keluarga, sebagai orangtua, Anda dapat memberikan hadiah kecil pada anak Anda sebagai motivasi dan menambah semangatnya.

Namun, pastikan anak Anda mau bersikap patuh dari hatinya dan bukan karena pakasaan atau keinginan mendapatkan hadiah dari Anda saja.(Anai)

Share

Video Popular