Tantangan terbesar bagi seorang wanita dalam kehidupan pernikahannya adalah dapat hidup harmonis dan rukun dengan kedua mertuanya. Sebuah penelitian menunjukkan sekitar 60 persen dari sejumlah pernikahan, wanita sering mengalami tekanan dan ketegangan yang tidak diinginkan dalam rumah tangganya, khususnya bersama Ibu mertua.

Sebenarnya, semua ini dapat dihindari, jika Anda tahu bagaimana cara untuk menyenangkan hati Ibu mertua Anda. Mengutip dari boldsky.com, beberapa langkah mendasar untuk menjadi menantu yang disayangi mertua.

1. Bersikap positif

Karena Anda sebagai menantu dan orang yang baru, maka ibu mertua Anda juga akan memegang peranan dalam kehidupan keluarga Anda. Hal inilah yang sering menjadi awal penyebab terjadinya konflik dalam rumah tangga, dimana akan terdapat pemahaman dan cara berpikir yang berbeda, antara orang yang muda dan orangtua.

Jika ingin menjadi seorang menantu yang baik dan disayangi oleh ibu mertua, Anda sebaiknya dapat melakukan pendekatan dan saling berkomunikasi dengan baik, selalu bersabar juga menjaga hubungan yang baik dan bersikap yang positif padanya.

2. Bersikap adil

Ini adalah langkah pertama untuk membangun hubungan yang baik dan harmonis antara Anda dengan ibu mertua Anda. Cobalah untuk bersikap yang baik, bersabar dan menyayanginya, menghargainya, menggangap serta memperlakukan Ibu mertua sama seperti Ibu kandung Anda sendiri.

Dan Anda disarankan sebaiknya sering mengunjungi Ibu mertua bersama anak – anak Anda, karena selain dapat memperkuat ikatan antara anak- anak Anda dengan mereka, juga memberikan kebahagiaan tersendiri di hati kedua mertua Anda nantinya.

3. Sensitivitas

Anak adalah segalanya bagi seorang Ibu, maka wajar dan alami adanya jika ibu mertua Anda memiliki perasaan yang sensitif dan cemburu akan keberadaan Anda dalam kehidupan anaknya. Perasaan takut, khawatir dan cemburu ini, menjadi konsep yang melekat di pikirannya, sehingga mereka mudah beranggapan bahwa anaknya akan segera melupakan mereka ketika memiliki seorang istri.

Anda dapat bersikap baik dan sabar dengan mengingatkan suami Anda, untuk selalu menyapa, memberi perhatian, saling berkomunikasi serta selalu mempedulikan kondisi dari kedua mertua Anda terutama kesehatannya. Cobalah untuk menangani situasi yang ada dengan cara pemikiran yang dewasa dan rasional serta menghindari berbagai bentuk perdebatan.

4. Menghormati

Sebagai orangtua maka ibu mertua juga ingin dihormati, dihargai dan disayangi baik oleh anak maupun menantunya. Perlu diingat bahwa mereka sudah tua dan bijaksana, sehingga tentu banyak memiliki pengalaman dalam hidupnya. Anda dapat saling berkomunikasi yang baik dengan ibu mertua dan belajar tentang pengalaman hidup, sehingga mertua akan merasa dihormati dan dihargai oleh Anda nantinya.

5. Menaruh perhatian

Umumnya, orangtua selalu ingin mencari dan meminta perhatian yang lebih dari anak maupun menantunya. Pastikan Anda menaruh perhatian dan meluangkan waktu untuk mendengarkan apa kata dari Ibu mertua Anda. Anda dapat duduk dan mengobrol bersama dengannya serta mencoba untuk mengikuti apa yang dia inginkan.

6. Nasehat

Ibu mertua Anda tentu mempunyai segudang pengalaman dalam kehidupan rumah tangganya.

Ketika Anda membutuhkan nasehat darinya, maka jangan ragu dan malu untuk bertanya dan berbagi cerita dengannya. Tentu, tidak semua nasehatnya sesuai dengan pandangan Anda, jadi ada baiknya ini hanya dipakai sebagai masukan untuk memperkaya pengalaman kehidupan rumah tangga Anda.

7. Komunikasi

Anda dapat mencoba untuk saling berbicara, berkomunikasi dan bersikap terbuka dengan Ibu mertua Anda mengenai masalah dalam keluarga. Dengan demikian, masalah Anda akan menjadi lebih ringan dan ibu mertua Anda akan merasa dihargai. Ini akan menciptakan kehangatan dan keharmonisan di dalam keluarga.

8. Membantu

Biasanya, ibu mertua mempunyai harapan yang besar untuk mendapatkan seorang menantu yang rajin, sabar dan baik hati. Jika ingin disayangi oleh Ibu mertua, maka Anda hendaknya bersedia dengan tulus hati membantunya dalam menyelesaikan semua tugas rumah tangga. Hal ini penting, karena dapat membantu dan memperkuat hubungan yang baik dan harmonis antara Anda dengan Ibu mertua Anda.(Anai)

Share

Video Popular