Tersedak atau benda asing yang tersangkut di tenggorokan, seringdialami oleh banyak orang. Hal ini disebabkan karena kita kurang hati-hati saat mengonsumsi makanan, terutama ikan. Penyebab lain bisa berupa berkurangnya jumlah gigi, sehingga saat mengonsumsi ikan, tulang dan daging ikan dapat ikut masuk secara bersamaan dan nyangkut di tenggorokan.

Namun, ada beberapa pengobatan rumah nan alami yang terbukti dapat mengatasi masalah ini. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Bola nasi

Anda dapat menggunakan nasi putih untuk mengusir duri atau makanan yang tersangkut di tenggorokan Anda.

Cara ini mudah dan praktis, dimana Anda hanya perlu untuk membuat nasi berbentuk bola yang lengket dan menelannya dengan satu tegukan secara cepat.

Nasi akan masuk dan turun ke bawah sehingga membuat partikel lain ikut menempel pada nasi dan lepas dari daerah tenggorokan yang bermasalah.

Dengan adanya tekanan dari nasi juga gerakan menelan nasi, dapat mendorong makanan turun ke dalam perut Anda.

Menelan telur mentah

Jika nasi terlalu sulit ditelan, Anda dapat menggunakan telur mentah untuk mengatasi kasus tenggorokan yang tersedak.

Berat kuning telur dan sifat lengket putih telur juga sama faedahnya seperti bola nasi. Cara ini praktis karena hanya memerlukan satu tegukan saja.

Telur harus cukup besar untuk menutupi seluruh daerah tenggorokan Anda sehingga dapat masuk menuju bawah perut Anda.

Minum jus lemon atau jus orange

Jika tulang ikan adalah penyebab tenggorokan tersedak, pengobatan efektif lainnya yaitu dengan minum jus lemon atau jus jeruk.

Hal ini karena jus lemon dan jus jeruk mengandung asam sitrat yang diyakini dapat melembutkan tulang ikan dan membuat mereka bergerak turun ke bawah perut Anda.

Konsumsi makanan yang lunak

Beberapa buah yang lunak dapat berfungsi sebagai obat yang baik untuk mengobati tenggorokan yang tersedak, seperti pisang dan pepaya.

Hal ini karena mereka lunak untuk tenggorokan Anda, sehingga dapat membantu untuk menekan duri/makanan yang menyangkut di tenggorokan Anda.

Berkumur dengan cuka

Ketika Anda mendapati tulang ikan terjebak dalam tenggorokan, maka berkumurlah dengan cuka sesering mungkin.

Tentunya rasanya tidak akan enak, namun berkumur dengan cuka dapat menghaluskan dan mengecilkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan Anda.

Setibanya di perut, tulang ini dapat larut dalam asam lambung Anda.

Jika cuka tidak dapat menjadi solusi masalah ini, Anda juga dapat menelan kentang tumbuk sebagai penggantinya.

Selamat mencoba.(Anai/Yant)

Share

Video Popular