Lahir, bertumbuh, dewasa, tua, sakit dan mati merupakan sebuah hukum alam kehidupan manusia. Setelah melewati usia setengah baya, unsur Yang stagnan dan unsur Yin bertumbuh. Benda keruh (sampah/toksin) dalam tubuh manusia akan semakin banyak dan menumpuk, tubuh serasa semakin berat.

Berdasarkan kitab kuno Inner Cannon of Yellow Emperor (Huang Di Nei Jing) dari Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT), timbulnya penyakit erat hubungannya dengan keseimbangan Yin (unsur negatif, feminin) dan Yang (unsur positif, maskulin) dari organ tubuh mengalami kerusakan. Jika tidak memperhatikan untuk membersihkan kotoran tersebut, maka energi Yang lambat laun akan dilenyapkan oleh energi Yin, dan kehidupan seseorang pun akan tamat. Oleh sebab itu sejak usia setengah baya sudah harus mulai melakukan pembersihan sampah (detoks).

Benda keruh (sampah) yang disebut oleh PTT adalah “Racun Yin”, ia meliputi racun air, racun lembab, racun lemak, racun dahak, racun darah beku, dan racun udara (Qi). Zat-zat beracun itu apabila mengendon dalam jangka waktu lama di dalam tubuh bakal menjadi beban bagi tubuh dan dapat menimbulkan penyakit.

Racun air: Fungsi ginjal lemah

“Racun Yin” yang paling keras adalah racun air, ia merupakan akibat dari air yang terlampau banyak tertimbun dalam tubuh dan tidak dapat dibuang keluar, pada umumnya disebabkan oleh fungsi ginjal yang lemah. Orang yang berusia 40 tahun ke atas harus memerhatikan, ketika timbul gejala kelopak mata bagian bawah, perut dan tungkai bawah hingga kaki mengalami pembengkakan waktu bangun tidur, besar kemungkinan adalah racun air.

Jika gijal dan jantung baikbaik saja, itu kemungkinan dikarenakan peredaran darah yang tidak baik. Perlu sering berolahraga, banyak mengonsumsi gambas, blonceng, dan lain sebagainya.

Racun lembab: Energi limpa lemah

Lembab berasal dari air. Jika dalam tubuh menumpuk racun lembab, pada umumnya berwujud air liur banyak, air seni sedikit, BAB encer, dan mudah mual; kelembaban pada musim panas bertambah, jika fungsi limpa melemah, maka dapat timbul gejala seperti di atas. Maka itu, jika hendak mengusir lembab, harus menguatkan limpa terlebih dahulu.

Pada jam 07:00 -09: 00, jam biologis tubuh manusia bergerak ke meridian limpa-lambung, setelah makan pagi dapat meneguk air minum yang terbuat dari buah San Zha dan Chen Pi (kulit jeruk kering) yang dituang dengan air panas, ini bermanfaat bagi pencernaan makanan dan menghilangkan lembab. Banyak makan gambas dan blonceng bermanfaat untuk menghilangkan lembab. Juga dapat mengurut 2 titik akupunktur: Zusanli (sekitar 7,5 cm di bawah lutut sisi luar) dan Fenglong (sekitar 20 cm di atas mata kaki sisi luar).

Racun dahak: Fungsi paru tidak baik

Racun dahak pada umumnya berasal dari pola makan atau akibat dari fungsi paru yang tidak baik. Ada sebagian orang sering batuk dan dahaknya tidak kunjung habis, ini menunjukkan terjadi penimbunan racun dahak, banyak terjadi pada manula atau perokok dan pecandu alkohol, mereka sering menderita bronkitis kronis dan penyakit sejenisnya.

Setiap pagi minum segelas air putih, supaya saluran pernafasan menjadi lembab dan tidak kekeringan, dengan demikian melancarkan pengeluaran cairan dahak.

Makanan setiap hari disarankan banyak mengasup: kacang almond, wortel, sayur hijau, lily, jamur putih, buah peer, rumput laut, blonceng, dan lain-lain, terutama lobak besar yang berfungsi melancarkan pernafasan dan melenyapkan dahak, bisa diracik halus, kemudian direndam dengan cuka, setiap hari mengonsumsinya sedikit.

Racun lemak: Melukai liver

Racun lemak banyak tertimbun di perut, atau terjadi liver yang terbungkus lemak, sering dikarenakan mengonsumsi makanan berlemak dan makanan manis yang berlebihan, banyak terjadi pada orang setengah baya, namun pasien zaman sekarang bahkan semakin berusia muda. Racun Lemak mengalir mengikuti aliran darah, mengakibatkan darah menjadi kental dan kolesterol meningkat, akhirnya menjadi tekanan darah tinggi. Lalu lemak yang berlebihan mengendap pada sisi dalam dinding pembuluh darah, mengakibatkan pengerasan pembuluh darah (eterosklerosis).

Racun lemak dalam darah 2 menit sekali bersikulasi melewati liver, mengakibatkan sel liver menjadi berlemak, terjadilah fatty liver. Bersamaan itu racun lemak menempel di pankreas dan menghalangi sel pankreas mensekresi insulin secara normal, hingga terjadi diabetes. Racun lemak menjadi salah satu penyebab penyakit berat seperti kanker kelenjar payudara, kanker prostat, kanker pankreas, dan lain-lain.

Tingkatkan olahraga, kurangi mengonsumsi lemak, banyak minum teh hijau, banyak makan makanan yang berserat tinggi, bawang bombay, sayur hijau, wortel, dan lain-lain. Juga dapat mengurut titik akupunktur Fenglong (sekitar 20 cm di atas mata kaki sisi luar) untuk mengurangi lemak membantu metabolisme makanan dan melancarkan kondisi kemacetan.

Racun darah beku

Racun darah beku adalah racun yang berada dalam darah, sering mengonsumsi terlalu banyak variasi dan terlalu kacau, menyerap terlalu banyak zat aditif makanan, sehingga dalam tubuh terakumulasi racun dalam darah, terutama bagi orang yang fungsi detoksifikasi livernya lemah. Kebanyakan dimulai dari usia setengah baya, timbul gejala mudah lupa, kulit kering, dada merasa penuh sesak, dan ekspresi wajah kegelapan.

Dalam jangka panjang akan timbul penyakit kanker.

Perlu memperbanyak olahraga, kurangi makanan berlemak, banyak mengonsumsi makanan berserat tinggi, sayur-mayur, wortel, semangka, anggur, kacang hijau dan lain-lain, juga dapat mengonsumsi bubuk tian qi 2 kali sehari, tiap kali 0,5-1 gr. Untuk membersihkan sampah dalam darah. Sering mengurut titik akupunktur Shaufu (mengepalkan tangan, titik itu terletak di antara dua ujung jari manis dan kelingking).

Racun udara (Qi): Fungsi paru dan ginjal tidak baik

Racun udara berada dalam paru, orang yang memiliki racun udara seringkali fungsi paru dan ginjalnya tidak sempurna, timbul bau mulut dan badan tidak baik. Sekarang polusi udara sangat serius, masalah perokok pasif juga sangat serius, lama kelamaan mudah tertimbun dalam paru, yang ringan hanya timbul sering batuk, yang berat dapat mengakibatkan penyakit kanker paru.

Setiap hari dua kali melakukan gerakan nafas panjang, menghirup banyak udara segar, menghembuskan banyak udara kotor, bermanfaat membersihkan paru, makan buah pir bermanfaat bagi kesehatan paru.

Liver merupakan pabrik detoksifikasi terbesar dalam tubuh, jika hendak membersihkan racun dalam tubuh, harus melindungi dan memelihara kesehatan Liver. Teori PTT menunjukkan, jam 23.00-01.00 dan 01.00- 03.00 adalah waktu liver dan empedu membersihkan racun, dilakukan pada waktu tidur nyenyak. Maka dalam jam-jam tersebut kita harus tidur, supaya fungsi detoksifi kasi berjalan dengan baik. Dianjurkan sering mengonsumsi teh gojiberfi dan juhua, banyak makan buah murbei dan aneka buah serta sayur segar. (Tys/Yant)

Share

Video Popular