Keterangan gambar Ilustrasi Xi Jinping. (Epochtimes)

Oleh: Gu Qinger

Xi Jinping akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Amerika pada 22 – 25 September 2015. Pada saat itu, Xi akan menyempatkan diri berkunjung ke SMA Lincoln di Tacoma, kota yang terletak di bagian selatan Seattle AS. Namun, media AS melaporkan bahwa pihak AS menyarankan untuk mengisi acara dengan minum kopi Starbucks sambil menonton pertandingan bisbol profesional, tetapi tidak disetujui.

New York Times pada 18 September mengungkapkan rincian jadwal kunjungan 7 hari Xi Jinping di AS. 22 September 2015, Xi tiba di Seattle. Malam harinya akan melakukan pertemuan dengan para pimpinan bisnis AS dan mengadakan pidato. 23 September 2015, Xi Jinping akan ikut hadir dalam rapat meja bundar antara para eksekutif perusahaan besar AS – Tiongkok, kemudian mengunjungi perusahaan Boeing, Microsoft lalu ke SMA Lincoln.

24 September 2015, Xi Jinping akan berkunjung ke Washington. 25, mengunjungi Gedung Putih kemudian melakukan konperensi pers bersama Obama. Kegiatan hari itu termasuk acara penyambutan, perjamuan kenegaraan dan sebagainya. 26 – 28 September 2015, Xi Jinping akan berkunjung ke New York dan mengikuti acara puncak peringatan 70 tahun berdirinya PBB.

Dalam kunjungannya di SMA Lincoln, Xi Jinping bersama istri akan berinteraksi dengan para warga Tacoma. Juru bicara Gubernur Washington mengatakan, kedatangan ke SMA Lincoln tercatat sebagai kunjungan prioritas utama Xi Jinping di luar kunjungan urusan kenegaraan.

Xi Jinping pernah mengunjungi kota Tacoma termasuk SMA Lincoln pada saat ia masih menjabat sebagai Sekretaris Kota Fuzhou pada 1993. Tahun berikutnya ia mendatangi ikatan ‘Sister City’ dengan Tacoma.

Menurut Wall Street Journal, selain berkunjung ke SMA Lincoln, Xi juga akan menemui Connie Bacon, seorang pejabat pelabuhan Tacoma yang saat itu ikut bertanggung jawab dalam pengadaan ikatan ‘Sister City’. Xi bahkan diundang ke rumah Connie untuk menikmati udang, alpukat dan bakso Italia.

Laporan mengutip pendapat analis mengatakan bahwa dengan melakukan kunjungan kembali ke tempat-tempat lama, tampaknya Xi Jinping ingin berhubungan lebih dekat dengan masyarakat AS.

3 tahun lalu ketika Xi masih menjabat sebagai Wakil Presiden, ia pernah datang dan reuni dengan keluarga yang pernah memberikan penginapan Xi saat pertama datang ke Amerika pada 1985.

New York Times melaporkan, pihak Xi Jinping menolak mengunjungi Starbucks dan menonton pertandingan bisbol sebagaimana yang ditawarkan oleh pihak Amerika, karena pertimbangan keamanan. Pembahasan masalah-masalah ekonomi, Laut Selatan dan serangan cyber akan menjadi isu-isu yang didiskusikan dalam pertemuan Xi Jinping – Obama nanti. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular