Keterangan gambar. Ilustrasi Xi Jinping.

Presiden Tiongkok Xi Jinping melakukan kunjungan kenegaraan untuk pertama kalinya pada Selasa (22/9/2015). Baru-baru ini, media Tiongkok mengungkap siapa saja pejabat Tiongkok yang diminta untuk mendampingi Xi pergi ke AS.

Menurut microblog ‘Beijing News’ yang banyak memuat tulisan-tulisan masalah politik, ‘Zhengshier’ pada 21 September mengatakan, selain 15 orang pengusaha besar yang namanya sudah dibeberkan, siapa lagi orang yang akan mendampingi Xi Jinping berkunjung ke AS.

Yang pasti adalah Ibu Negara Peng Liyuan. Dalam 14 kali kunjungan Xi ke luar negeri sejak 2013, Ibu Peng sudah 10 kali melakukan pendampingan suaminya. Menurutnya, protokol dari Departemen Luar Negeri Tiongkok biasanya akan menyediakan panitera berikut penterjemah wanita beserta beberapa pengawal pribadi wanita untuk menjaga keselamatannya.

Lalu, 3 orang pejabat negara tingkat wakil. Wang Huning pejabat Politbiro PKT, Direktur Kator Pusat Penelitian Kebijakan. Li Zhanshu pejabat Politbiro PKT, Sekretaris Komite Sentral dan Direktur Kantor Pusat PKT. Yang Jiechi penasihat negara beserta tim mereka. Beberapa pejabat lainnya akan mendampingi presiden dalam kegiatan yang diperlukan, namun mereka belum tentu mengikuti seluruh perjalanan presiden dan berada dalam pesawat yang sama.

Kemudian, pejabat tingkat menteri. Biasanya akan turut dalam penerbangan Menteri Luar Negeri Wang Yi. Menteri Pembangunan Nasional dan Komisi Reformasi Xu Shaoshi. Menteri Perdagangan Gao Hucheng dan lainnya. Juga Liu He, Direktur Kantor Pusat Memimpin Grup untuk Urusan Keuangan dan Perekonomian Tiongkok, sering pula mendampingi Xi Jinping dalam kunjungan ke luar negeri.

Dalam artikel itu juga dijelaskan bahwa selain para menteri di atas, rekan-rekan bisnis departemen terkait biasanya juga akan disertakan dalam perjalanan. Karena luasnya pembahasan dalam kunjungan ini yang dapat meliputi urusan perlindungan lingkungan, keamanan jaringan internet dan sebagainya, maka para penanggung jawab dalam bidang tersebut mungkin saja disertakan dalam rombongan.

Para pengurus yang akan ikut dalam rombongan tersebut akan terdiri dari staf Departemen Luar Negeri Divisi Amerika Utara dan Oseania, Divisi Pramutamu dan Divisi Informasi dan Penerangan. Selain itu juga para asisten yang menangan kehidupan pejabat, petugas keamanan dan beberapa reporter media terpilih, termasuk 20-an orang awak pesawat kepresidenan.

Menurut laporan media, Presiden Xi Jinping akan tiba di kota pantai barat Seattle pada 22 September dan singgah sampai pertemuan dengan para eksekutif bisnis Amerika pada 24 September. Kemudian berkunjung ke Washington DC dan melakukan kunjungan kenegaraan pada 25 September. Setelah berada di New York pada 26 – 28 September untuk mengikuti pertemuan PBB dan akan melakukan pidato.

Menurut laporan media asing bahwa Presiden Obama akan memberikan seremonial penuh di Gedung Putih untuk menyambut kunjungan kenegaraan Xi Jinping. Dikabarkan bahwa kedua pemimpin ekonomi terbesar dunia ini akan bertemu untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan masalah gejolak keuangan, keamanan jaringan internet dan kontek kegelisahan beberapa negara akibat reklamasi pulau di Laut Selatan.

Diduga pertemuan kedua kepala negara nanti juga akan meliputi urusan yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi, militer, pengejaran terhadap pejabat korup serta situasi politik di Tiongkok yang diakibatkan oleh gangguan dari kelompok Jiang Zemin. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular