Keterangan gambar: Ilmuwan menemukan keberadaan duo lubang hitam. (wtkr.com)

Seluk beluk benda langit di alam semesta yang maha luas ini tak terhingga, dan yang tidak diketahui secara ilmu pengetahuan sekarang juga tidak tahu berapa banyak jumlahnya. Dengan mengunakan Teleskop Hubble milik NASA, astronom menemukan duo lubang hitam di galaksi Mrk231, yang jauhnya 600 juta tahun cahaya dari Bumi.

Melansir laman “CNN”, para ilmuwan menyebutkan bahwa massa lubang hitam utama dari duo lubang hitam ini 150 juta kali massa matahari, sementara pendampingnya diperkirakan memiliki massa 4 juta kali dari matahari.

Dalam laporan terkait, ilmuwan juga mengatakan, Mrk231 memiliki galaksi quasar, karena energi dari duo lubang hitam, membuat Mrk 231 menjadi galaksi Starburst dengan tingkat pembentukan bintang 100 kali lebih besar dari galaksi Bima Sakti kita. Meskipun di pusat galaksi juga terdapat lubang hitam, namun tidak ada tanda-tanda kelahiran quasar.

Mrk231 merupakan galaksi quasar yang paling dekat jaraknya dari bumi. Karena sebelumnya ilmuwan meragukan sumber radiasi dari quasar, sehingga temuan ini mungkin bisa memberikan jawaban.

Sumber “Astronomy Now” seperti dilansir situs berita ETToday Taiwan mengatakan, jika hanya ada satu lubang hitam terletak di pusat quasar, maka di sekeliling piringan akresi akan diliputi radiasi ultraviolet, dan jika muncul lubang hitam kedua, maka radiasi ultraviolet akan berubah. Menurut penilaian model dinamis, ilmuwan mensimulasikan quasar dari keberadaan dua lubang hitam, dan menemukan kondisi demikian sesuai dengan radiasi ultraviolet yang teramati di galaksi Mrk231.

Lubang hitam di galaksi ini diperkirakan memiliki massa 150 juta kali massa matahari kita, sementara pendampingnya diperkirakan memiliki massa 4 juta massa matahari, karena mereka sangat dekat, sehingga periode orbit hanya 1,2 tahun. (Secretchina/joni/rmat)

 

 

 

Share

Video Popular