- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Warga Israel dan Palentina Bentrok, Akibat Pembakaran Makam Joseph di Nablus

Keterangan foto: Para perusuh membakar tempat makam Yusuf di Nablus. Israel. (foto internet)

BBC melaporkan bahwa kekerasan antara warga Isreal dengan Palestina kembali terjadi ketika perusuh membakar makam Yusuf, salah seorang tokoh yang namanya tercatat dalam buku Alkitab. Makam itu sering dikunjungi oleh warga Yahudi untuk berdoa di sana.

Beberapa jam setelah para perusuh membakar tempat makam itu, Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu mendesak para pimpinan Palestina untuk menghentikan gelombang serangan. Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas menanggapinya dengan mengatakan bahwa makam nantinya akan diperbaiki.

Bentrokan antara warga Palestina dengan Israel terus terjadi dalam bulan ini. Hampir setiap hari terdengar insiden penyerangan dengan menggunakan senjata tajam. 7 orang warga Israel telah tewas, belasan orang luka-luka dan sedikitnya 30 orang warga Palestina termasuk yang pelaku penusukan juga tewas dalam beberapa bentrokan yang terjadi.

Bentrokan yang terjadi akhir-akhir ini dipicu oleh meningkatnya konflik atas rumor yang menyebutkan adanya rencana untuk meningkatkan hak-hak bagi orang Yahudi di tempat berziarah untuk warga Yahudi dan Muslim di Yerusalem. (Secretchina/sinatra/rmat)