Diperkirakan pada 2017 mendatang, Google akan mengirim paket kepada konsumen via drone. Tampak dalam gambar di atas adalah Titan yang diakuisisi Google dari Titan Aerospace, perusahaan pembuat drone atau pesawat tanpa awak (Titan)

Direktur yang bertanggung jawab untuk urusan drone Google mengatakan, bahwa perusahaan induk Google bernama Alphabet Inc diperkirakan akan mengirim paket kepada konsumen via drone pada tahun 2017. David Vos, pemimpin Project Wing Google seperti dilansir laman CNA mengatakan, pihaknya kini sedang mendiskusikan soal ini dengan US Federal Aviation Administration (FAA) dan stakeholder lainnya.

Dia mengatakan membahas tentang sistem kontrol lalu lintas udara bagi perangkat drone dengan teknologi jaringan seluler dan internet. Kabarnya, ketentuan perangkat tak berawak tersebut harus terbang di ketinggian setidaknya 500 kaki (152 meter). “Target kami agar layanan bisnis komersial bisa beroperasi pada tahun 2017 mendatang,” tutur Vos dalam pagelaran Air Traffic Convention di Washington baru-baru ini.

Semakin banyak perusahaan berencana agar layanan kirim paket via drone bisa terwujud, Google dan Amazon.com Inc adalah dua di antaranya. Namun, layanan kirim paket via drone baru bisa dilaksanakan setelah finalisasi dan penerbitan aturan operasional drone komersial dari US Federal Aviation Administration (FAA). Diperkirakan awal tahun sudah ada keputusannya.

Kini, Vos merupakan bagian dari tim pemberi nasehat kepada Federal Aviation Administration (FAA) untuk menciptakan sistem registrasi untuk drone. Sebelum drone menjadi komersial, diperlukan penanganan masalah regulasi dan kesepakatan pengaturan Dikutip dari laman Washington Post, model layanan drone Google ini sukses uji terbang dalam percobaan di Australia belum lama ini. Layanan ini mengangkut kotak P3K dan makanan hewandan berbagai jenis barang lain kepada petani setempat.

(Epochtimes/Jhon/asr)

Share

Video Popular