Berbicara dengan anak remaja tidak berarti Anda harus mengadakan sebuah pembicaraan yang bersifat formal. Kadangkala percakapan yang terbaik adalah pada saat santia, makan malam, mengemudi dalam perjalanan, atau ketika sedang membersihkan dapur.

Berikuat cara-cara berkuminkasi dengan anak remaja Anda:

Luangkan waktu

Pada saat keadaan kehidupan kian hari semakin kompleks, adalah sangat penting bagi Anda untuk meluangkan sedikit waktu untuk bercakap-cakap dengan anak remaja Anda. Bukan berarti Anda harus mengadakan sebuah pembicaraan yang bersifat formal. Kadangkala percakapan yang terbaik adalah pada saat mengemudi atau ketika sedang memasak di dapur.

Dengarkanlah hal-hal kecil

Anak-anak akan berbicara dengan Anda jika mereka mengetahui bahwa Anda akan mendengarkannya – meskipun mereka membahas persoalan yang besar seperti seks dan obat terlarang, atau hal-hal keseharian seperti tugas sekolah.

Jika anak mengetahui Anda mendengarkannya, mereka akan lebih mempercayai Anda untuk membicarakan segala sesuatu tentang kehidupan mereka.

Dengarkan dengan seksama maksud yang tersirat

Karena banyak anak-anak merasakan berat untuk mengatakan pada orangtua mereka mengenai pokok permasalahan yang sebenarnya, orangtua harus memberikan perhatian khusus atas apa yang sebenarnya anak-anak mereka ingin coba sampaikan. Hal ini sangat membantu untuk memberikan perhatian pada emosi anak – bukan hanya emosi itu saja, melainkan intensitasnya juga.

Tanyakan pendapat mereka

Tidak ada hal yang dapat lebih menyenangkan anak-anak (atau orang lain) apabila kita menanyakan pendapat mereka. Anda juga tidak perlu setiap saat bertanya mengenai hal-hal yang penting.

Jangan memotong pembicaraan

Pada sebuah survei nasional, lebih dari separuh anak-anak mengatakan ketika sedang berbicara, orangtua mereka kerap kali atau kadang tidak memberikan kesempatan kepada mereka untuk menjelaskan.

Adalah suatu gagasan yang baik untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak tentang pendapat dan keinginan mereka, sekalipun Anda merasa Anda telah mengetahuinya apa yang akan mereka katakan.(Mer/Yant)

Share

Video Popular