Keterangan gambar: Ilustrasi tsunami dahsyat yang terjadi di Laut Norwegia (screenshot video)

Oleh: Li yuan

Penelitian arkeologi terbaru menemukan bahwa sejak 8150 tahun lampau Eropa pernah mengalami bencana tsunami raksasa. Kala itu, continental shelf (landasan kontinen) di dasar laut Norwegia hancur, dan tsunami setinggi 20 meter menyembur hingga ke tempat sejauh 1.000 km, menyapu Islandia, Greenland, Norwegia, Skotlandia dan pantai utara Inggris.

Menurut penuturan arkeolog seperti dilansir laman “Daily Mail” Inggris pada Jumat (13/11/2015) lalu, bahwa pada 8150 tahun lampau, runtuhnya Landas Kontinen di dasar laut Norwegia memicu tsunami dahsyat yang menjalar ke Laut Utara, menghancurkan Pulau Islandia, Greenland, Norwegia dan pesisir pantai Inggris.

Menurut penuturan arkeolog, orang-orang di zaman batu ketika itu pindah dari Eropa Utara ke Inggris, namun malang, karena runtuhnya stratum dasar laut di sekitar pantai Norwegia, sehingga memicu tsunami ekstrim dahsyat, dan mereka yang ingin migrasi itu pun mengalami bencana mematikan. Jangkauan hantaman gelombang (tsunami-red) raksasa setinggi rata-rata 20 meter itu menyembur dari utara hingga Pulau Islandia dan Greenland, Inggris Timur, Norwegia, Skotlandia dan wilayah lain.

Dr. Mikkel Freurgaard, ahli geografi dari University of Copenhagen, Denmark, mengatakan dalam jurnalnya.

“Hasil kajian kami mengkonfirmasikan bahwa tsunami yang disebabkan oleh runtuhnya Landas Kontinen terus melintasi landas kontinen yang sempit di Laut Utara, sehingga jangkauannya mencapai 900 – 1.000 kilometer jauhnya.” Ini mengindikasikan bahwa tsunami dahsyat akibat runtuhnya landas kontinen itu kemungkinan akan menjalar hingga ke semua wilayah pantai di bagian Tenggara Laut Utara,” kata Freurgaard. 

Keterangan gambar: Ilustrasi Faroe Island di Barat Laut Skotlandia yang disapu tsunami dahsyat. (video screenshot)

Menurut arkeolog, gelombang kejut hantaman tsunami yang disebabkan runtuhnya landas kontinen di dasar laut itu menyapu Norwegia dan daerah pesisir pantai Islandia. Selain itu juga menyapu Kepulauan Faroe di barat Laut Skotlandia, Kepulauan Orkney di timur laut Skotlandia dan sebagian besar wilayah pesisir pantai Inggris. Hal itu menyebabkan ketinggian air laut di perairan-perairan tersebut saat ini naik 20 meter dari sebelumnya, bahkan menyebabkan air laut global naik 15 meter. 

Keterangan gambar: Ilustrasi tsunami yang melanda perairan pantai Inggris. (video screenshot)

“Faktanya, tsunami itu juga menyapu Denmark, ini menunjukkan betapa dahsyatnya hantaman tsunami tersebut,” kata Nicolai Kliem, Ahli Geografi dari Danish Meteorological Institute, Denmark. (joni/rmat)

 

Share

Video Popular