Tablet Pixel C generasi baru dari Google secara resmi telah dirilis 8 Desember lalu, menandai gebrakan baru dari Google di pasar tablet sekaligus juga merepresentatifkan tren PC Google di masa depan. Di masa lalu, Google selalu menjadikan Pixel sebagai merk laptop Chrome high-end bernama. Tablet Pixel C adalah tablet Android pertama dari Google yang dirancang sendiri.

Bodi Pixel C terbuat dari bahan aluminum anodisa, layar 10,2 inci beresolusi 2560 x 1800p, desain ramping dan ringan, sama seperti tablet Surface Pro 4 andalan Microsoft dan iPad Pro besutan Apple. Oleh para analis, ketiga tablet ini diproyeksikan akan saling bersaing di pasar tablet. Sementara untuk harganya Pixel C dibanderol US$499 atau sekitar Rp. 6,9 juta.

Tidak seperti iPad Pro atau Surface Pro 4 yang menggunakan engsel untuk menghubungkan tablet dengan keyboardnya, sementara Pixel C menggunakan sistem magnet yang menyatu dengan keyboardnya. Prinsip kerjanya ketika keyboard menutupi tablet, cukup geser dan angkat sisi tablet kemudian taruh ke engsel magnetik keyboard. Pengguna bisa menyesuaikan sudut layar sesuai keinginan.

 Tablet ini pengguna bisa menggunakan keyboard untuk menopang tablet, atau sebaliknya menggunakan tablet untuk menopang keyboard, kedua cara ini tidak akan mengalihkan posisi keyboard atau tablet. Lebih nyaman lagi operasionalnya jika diletakkan di atas paha kaki, karena layarnya stasioner. Bodi Pixel C ramping dan ringan, dengan ketebalan 7 mm, berat hanya 450 gram. Ketebalannya sama dengan Surface Pro 4, tapi sedikit lebih tebal dari iPad Pro.

Pixel C dilengkapi dengan konektor USB tipe C, yang dapat digunakan sebagai pengisian daya, dan konektor HDMI, VGA, serta DisplayPort. Untuk performanya, Pixel C dibekali chipset NVDIA Tegra X1 dengan prosesor octa-core dan kartu grafis (GPU) Maxwell. Terdapat RAM dengan kapasitas 3GB yang siap menopang kinerja prosesornya. Sementara untuk ruang penyimpanannya terdapat pilihan memori internal 32GB dan 64GB. Tablet ini sudah menggunakan OS Android terbaru, yakni versi 6.0 Marshmallow. (Jhon/asr)

Share

Video Popular