Keterangan foto: Ketua Umum Partai Progresif Demokratik Taiwan Tsai Ing-wen (kanan) keluar sebagai pemenang dalam pemilu menjadi wanita pertama Presiden Republik Tiongkok. (Chen Bochuan/Epochtimes)

Ketua Umum Partai Progresif Demokratik (Democratic Progresive Party) Taiwan Tsai Ing-wen dengan perolehan 6.89 juta suara memenangkan pemilihan umum di Taiwan dan menjadi wanita pertama yang menjabat presiden Taiwan.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS John Kirby mengucapkan selamat kepada Dr. Tsai Ing-wen atas terpilihnya menjadi presiden ke 14 Taiwan, juga kepada rakyat Taiwan yang telah mempertunjukkan kembali kekuatan dari sistem demokrasi. Selain itu, Kirby Juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintahan Ma Ying-jeou yang selama 8 tahun berkuasa telah berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah AS.

DPP selain menang besar dalam pemilihan presiden, juga merebut lebih dari 50 % kursi di Legislatif. Untuk itu John Kirby juga menyampaikan selamat. Ia dalam pernyataannya menyebutkan bahwa AS berharap bisa berbagi manfaat jangka panjang bersama rakyat Taiwan dalam situasi lintas selat yang semakin stabil dan damai. AS juga mengharapkan kerjasama dengan Presiden Tsai Ing-wen beserta semua pemimpin politik di Taiwan untuk memajukan kepentingan bersama dan memperdalam hubungan tidak resmi antara Amerika Serikat dengan rakyat Taiwan.

Kirby juga menyampaikan apresiasi atas upaya pemerintah Ma Ying-jeou untuk mengembangkan hubungan kerjasama dengan pemerintah AS. Ia mengatakan, AS berharap tim mantan Presiden Ma bisa bekerjasama secara konstruktif dengan tim Presiden Tsai Ying-wen untuk memastikan kelancaran trasfer kekuasaan dan terus mendorong perdamaian dan stabilitas kawasan.

Sekretaris Negara untuk Urusan Luar Negeri dan Persemakmuran dari Inggris, Philip Hammond juga menyampaikan pernyataan, pemilihan umum presiden dan legislatif di Taiwan telah mempertunjukkan perkembangan politik demokrasi Taiwan. Proses pemilihan di Taiwan kali ini sangat matang. Ia mengucapkan selamat kepada rakyat Taiwan, Presiden Taiwan terpilih Doktor Tsai Ing-wen beserta partainya yang memenangkan dukungan dan kepercayaan rakyat Taiwan. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular