Keterangan foto: Etnis minoritas AS bisa menjadi yang utama dalam 15 tahun mendatang. Gambar pejalan kaki yang melintasi sebuah jalan di New York. (Spencer Platt/Getty Images)

Oleh Liang Yan

Data Biro Sensus AS menunjukkan bahwa dalam 15 tahun ke depan, komposisi penduduk AS akan berubah menjadi kaum etnis minoritas sekarang berubah menjadi yang utama. Saat ini, 50.2 % anak balita (sebelum 5 tahun) di Amerika adalah balita keturunan etnis minoritas. Sementara itu, angka kematian orang kulit putih Amerika lebih besar daripada angka kelahirannya.

Sejak tahun 2000 – 2013 banyak warga etnis minoritas sudah menjadi yang utama di 78 kabupaten AS yang tersebar di Negara Bagian California, bagian selatan dan daerah pantai timur benua Amerika.

Menurut data statistik terbaru yang dikumpulkan oleh media keuangan WalletHub, 4 kota besar dengan populasi paling beragam di Amerika terkonsenttrasi di Negara Bagian Maryland yang berdekatan dengan Washington DC. Sementara penduduk kota dengan etnis tunggal ada di satu kota yang terletak di Negara Bagian Texas.

Gaithersburg, Germantown, Silver Spring dan Rockville merupakan 4 kota Negara Bagian Maryland yang penduduknya paling beragam di AS. Laredo kota yang terletak di Negara Bagian Texas, memiliki penduduk yang paling tidak beragam. 95.2 % penduduknya adalah keturunan Spanyol.

90.6 % penduduk kota Mount Pleasant di South Carolina adalah orang kulit putih. Sedangkan kota Detroit di Negara Bagian Michigan adalah kotanya orang kulit hitam karena 79.1 % penduduknya adalah orang kulit hitam. Ia termasuk kota berpenduduk kulit hitam terbanyak di AS. Dan orang-orang keturunan Asia paling banyak menghuni kota-kota di Hawaii, sehingga 52.1 % dari total populasinya adalah orang-orang keturunan Asia.

Laporan tersebut dikeluarkan berdasarkan hasil studi dari menggolongkan etnis, bahasa dan tempat kelahiran penduduk dari 313 kota dengan populasi besar yang tersebar di seluruh Amerika.

Studi juga menemukan bahwa 96.4 % penduduk kota Silver Spring, Missouri menggunakan bahasa Inggris. Dan 69.3 % penduduk kota Miami, Florida menggunakan bahasa Spanuol dalam percakapan sehari-hari.

Tidak diragukan lagi bahwa Amerika masih terus akan menjadi negara di dunia yang penduduknya terdiri dari berbagai etnis. Menurut data dari Biro Sensus AS bahwa 197.9 juta dari total penduduk Amerika adalah orang kulit putih bukan keturunan Spanyol. 55.4 juta adalah orang kulit putih keturunan Spanyol. 45.7 Juta adalah orang kulit hitam. 20.3 juta adalah orang keturunan Asia Timur. 6.5 Juta adalah orang Asia keturunan India. 1.5 juta adalah orang-orang pribumi yang bermukim di Hawaii dan kepulauan Pasifik lainnya. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular