Keterangan foto: Angela Merkel. (internet)

Oleh CNA Neubrandenburg

Kanselir Jerman Angela Merkel menegaskan bahwa begitu peperangan di Irak dan Suriah berakhir, maka para pengungsi dari kedua negara itu wajib kembali ke negara mereka. Pernyataan Merkel itu disampaikan untuk menenangkan masyarakat yang mengeritik kebijakan pintu terbuka bagi pengungsi Timur Tengah yang belakangan ini makin meningkat jumlahnya.

Meskipun kebijakan pengungsi Merkel menimbulkan semakin banyak pertentangan warga Jerman, namun Merkel tetap menolak permintaan dari kaum konservatif untuk menetapkan batas pengungsi atau menutup perbatasan. Jumlah pengungsi yang tiba di Jerman tahun lalu mencapai rekor 1,1 juta orang.

Tetapi pelecehan seksual yang terjadi pada malam pergantian tahun di Cologne itu menimbulkan pengaruh buruk kepada partainya Merkel dan partai yang mendukungnya (CDU & CSU). Orang telah menjadi semakin khawatir terhadap pemerintah Jerman apakah memiliki kemampuan untuk menangani masalah pengungsi, masalah kejahatan dan keamanan yang ditimbulkan.

Merkel menegaskan bahwa walau pemerintah Jerman berupaya untuk memberikan penampungan dan kebutuhan hidup bagi para pengungsi, tetapi mereka hanya diijinkan untuk tinggal dalam waktu terbatas. Begitu perang berakhir maka para pengungsi wajib kembali ke negara mereka. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular