Oleh CNA Kuala Lumpur

16 negara termasuk Malaysia dan Indonesia akan mengadakan latihan berskala besar dalam usaha menanggulangi bencana Tsunami pada Kamis (4/2/2016) mendatang. Latihan akan meliputi cara penyebaran informasi, pengkoleksian data serta cara peringatan kepada warga agar tidak menimbulkan kepanikan.

Biro Meteorologi Malaysia, mengeluarkan pernyataan bahwa Malaysia berencana mengadakan pelatihan tsunami mulai Senin (1/2/2016) selama 5 hari.  4 hari di antaranya akan dilaksanakan berbarengan dengan 15 negara lainnya. Latihan tsunami yang diberi nama ‘Pac Wave 16’ ini bertujuan untuk memantau kesiapan dari masing-masing negara dalam menanggulangi bencana itu sekligus menyeragamkan program dengan sistem yang dipakai oleh NWPTAC (Northwest Pacific Tsunami Advisory Center) di Jepang.

Selain Malaysia dan Indonesia, negara lain yang akan bergabung dalam latihan ini adalah Tiongkok, Korea Selatan, Singapura, Rusia, Thailand, Brunei, Kamboja, Mikronesia, Polinesia, Palau, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon dan Vietnam.

Biro Meteorologi Malaysia  mengatakan bahwa lembaga pemerintah Malaysia yang juga akan bergabung dalam pelatihan ini termasuk Lembaga Penanggulangan Bencana Malaysia, organisasi pertahanan sipil, Polisi Diraja Malaysia dan stasiun TV nasional. Lembaga juga menyerukan agar masyarakat tidak perlu panik dan menyebarkan berita-berita tidak benar melalui jejaring sosial. (sinatra/rmat)

 

Share

Video Popular