Keterangan gambar : Ilustrasi rudal balistik. (artileri.org)

Oleh CNA Tokyo

Media berita Nippon Hoso Kyokai (NHK), Kamis (4/2/2016) menyebutkan bahwa terlihat sebuah kendaraan peluncur yang sedang mengangkut rudal balistik bergerak menuju arah timur Korea Utara, juga menemukan sejumlah aktivitas sedang terjadi di serambi peluncuran rudal balistik yang berada di pantai barat Korea Utara.

Reuters melaporkan bahwa sejak otoritas Pyongyang memberitahu kantor PBB tentang rencana peluncuran satelit pengamat bumi pada pekan lalu, masyarakat internasional makin meningkatkan tekanan kepada Korea Utara untuk membatalkan uji coba itu. Sebagian negara percaya, Korea Utara bukan meluncurkan satelit tetapi melakukan uji coba senjata pemusnah.

Pemerintah Jepang telah menunjuk Pasukan Bela-diri meningkatkan kewaspadaan untuk menembak jatuh senjata rudal yang dapat mengancam Jepang. NHK mengatakan, kendaraan yang digunakan untuk meluncurkan rudal itu oleh otoritas Korea Utara biasanya ditempatkan di fasilitas bawah tanah.

Pada Maret tahun 2014 dari pantai timur, Korea Utara telah menembakkan 2 buah rudal balistik jarak menengah yang diduga berkelas Rudal-Nodong menuju sasarannya di Laut Jepang. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular