Keterangan foto: Para pejabat dari 12 negara berkumpul di kota Auckland New Zealand untuk menandatangani perjanjian Trans Pacific Partnership pada 4 Februari 2016 ( Fiona Goodall/Getty Images)

Oleh CNA Auckland

Kemitraan Trans Pasifik (TPP) merupakan salah satu perjanjian perdagangan terbesar dunia itu ditandatangani di Auckland, New Zealand pada 4 Februari oleh seluruh pejabat dari 12 negara yang bergabung di dalamnya. Namun, diluar gedung sejumlah masyarakat melakukan unjuk rasa untuk memprotes pelaksanaannya.

Agence France-Presse memberitakan bahwa penandatangan secara simbolik diwakili oleh Perdana Menteri New Zealand John Key sebagai tuan rumah dengan Perwakilan Dagang AS Mike Froman sebagai penggagas dalam gedung Sky City Convention Centre di kota Auckland. Namun di luar gedung sejumlah masyarakat menggelar unjuk rasa yang membuat lalu lintas kendaraan terganggu.

Perjanjian yang tergolong ambisius ini memiliki tujuan untuk membuat terobosan yang menghambat perdagangan atau penanaman modal antara negara yang tergabung dalam TPP. Total output ekonomi keduabelas negara tersebut menyumbang 40 % dari ekonomi global.

Tetapi para pengunjuk rasa itu berpendapat bahwa TPP akan menghasilkan pengangguran yang semakin banyak dan berdampak buruk terhadap kedaulatan negara. (sinatra/rmat)

Keterangan foto: Sejumlah masyarakat Auckland menggelar unjuk rasa di luar gedung untuk memprotes penandatanganan TPP pada 4 Februari 2016. (Phil Walter/Getty Images)

Share

Video Popular