Keterangan gambar: Ilustrasi

Sejumlah sektor industri di seluruh Yunani pada Kamis (4/2/2016) terlibat pemogokan kerja selama 24 jam. Ada sekitar 40.000 warga yang turun ke jalan untuk berunjuk rasa memprotes rencana pemerintah mereformasi program pensiunan. Unjuk rasa yang dipusatkan di kota Athena itu  sempat menimbulkan kerusuhan.

BBC mengutip ucapan pihak kepolisian Yunani yang menyebutkan bahwa ada sekitar 40.000 orang warga Yunani yang melakukan unjuk rasa di pusat kota Athena yang awalnya masih berjalan damai. Namun akibat beberapa demonstran tidak mampu mengendalikan emosi lalu melempar botol minuman, bom bensin dan tong sampah yang terbakar ke barisan polisi yang berjaga-jaga. Karena itu polisi anti huru-hara terpaksa bertindak dengan menyemprotan gas air mata dan melemparkan granat pengejut untuk mengendalikan suasana.

Pemerintah Yunani saat ini sedang melakukan perundingan dengan Uni Eropa, IMF dan organisasi  kreditur lainnya untuk membahas langkah-langkah reformasi baru guna mendapatkan lagi bantuan keuangan dari mereka. Tetapi program mencakup penurunan jumlah dana pensiun bulanan dari yang tertinggi EUR. 2.700 menjadi EUR. 2.300. Juga memperkenalkan jumlah dana pensiun terendah EUR. 384 yang memicu ketidakpuasan masyarakat Yunani. Pemerintah juga berencana untuk mengadakan penggabungan dana pensiun, dan menaikkan tarif premi pensiun bagi karyawan yang akan membebani perusahaan.

Beberapa sektor industri termasuk sopir angkutan masyarakat, pengacara, dokter, petani dan lainnya mensponsori pemogokan kerja selama 24 jam. Ini merupakan ketiga kalinya dalam 3 bulan terakhir pemogokan berlangsung di seluruh Yunani. Akibat kejadian ini, transportasi darat, laut dan udara menjadi lumpuh, sekolahan diliburkan, rumah sakit hanya menyediakan layanan darurat, SPBU menangguhkan bisnis.

Pemogokan kali ini termasuk yang terbesar sejak pemerintahan koalisi yang dibentuk Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras setahun lalu. Selama unjuk rasa itu, hotel tempat penginapan para pejabat internasional yang terlibat dalam perundingan mendapat penjagaan ketat dari pihak keamanan Yunani. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular