Oleh: Jonathan Zhou

Apakah Anda merasa bahwa kinerja Android Anda semakin hari semakin lambat? Anda tidak sendirian.

Sudah lama tersiar kabar bahwa aplikasi Facebook banyak menguras kinerja dan daya tahan baterai, dan tidak sulit untuk menemukan para blogger Android yang menggambarkan bagaimana penghapusan aplikasi tersebut membuat laju smartphone mereka lebih cepat dan lebih tahan lama. Namun, apakah hal ini sungguh-sungguh merupakan efek nyata, ataukah hanyalah sebuah kekeliruan intuisi?

Salah satu user situs dari web hiburan Reddit memutuskan untuk menempatkan pandangan guna menguji polemik ini dengan cara yang benar-benar ilmiah, haruslah dilakukan pelacakan terhadap kecepatan 15 aplikasi menggunakan aplikasi DiscoMark, yang satu dengan aplikasi Facebook dan Messenger, dan yang lainnya tanpa mereka.

Ia menemukan bahwa ketika kedua aplikasi tersebut di uninstall, 15 aplikasi yang diuji memerlukan lebih sedikit waktu untuk memulai (start) aplikasi, dengan total waktu start menurun 7-6 detik dan peningkatan kinerja 14 persen.

Aplikasi yang ia uji ialah 20 Minuten, Kindle, AnkiDroid, ASVZ, Audible, Kalkulator, Kamera, Chrome, Gallery, Gmail, ricardo.ch, Shazam, Spotify, WeChat, dan Whatsapp.

Aplikasi Facebook juga telah dikritik oleh para wartawan teknologi karena penggunaannya yang berat pada iPhone.

“Setiap kali saya melihat pada iPhone seorang teman, Facebook adalah aplikasi dengan penggunaan jumlah tertinggi baterai pada latar belakang, bahkan ketika Penyegaran Aplikasi dimatikan”, tulis Federico Viticci, penulis MacStories, blog populer. “Ini telah berlangsung selama bertahun-tahun, dan bukannya memperbaiki masalah ini, tampaknya Facebook seperti selalu datang dengan cara-cara baru untuk menghindari control pengguna dan mengonsumsi lebih banyak energi”, tambahnya.

Pada Oktober 2015 lalu, Facebook menyatakan akan “segera memperbaiki” masalah penggunaan baterai yang boros, menurut laporan TechCrunch. Namun hingga Januari 2016 lalu, banyak orang yang masih mengeluhkan tentang masalah pemborosan baterai oleh aplikasi tersebut. (Epochtimes/Osc/Yant)

Share

Video Popular