Pakar analis dari Piper Jaffray, Gene Munster baru-baru ini merilis sebuah catatan hasil penelitian kepada para kliennya. Ia mengatakan bahwa Apple sedang dalam tahap pengembangan sistem Augmented Reality/Virtual Reality yang mungkin akan membuat kita meninggalkan masa-masa indah bersama iPhone 10 tahun kemudian.

Melansir laman “Business Insider”, Minggu (7/2/2016), Apple kini sedang dalam tahap pengembangan sistem Augmented Reality/Virtual Reality, perangkat wearable baru ini mungkin akan mengancam keberadaan Oculus Rift. Disebutkan bahwa perangkat wearable Apple yang dikembangkan tim rahasia Apple ini, dapat dikombinasikan secara sempuran dengan iPhone 7.

Pakar analis dari Piper Jaffray, Gene Munster seperti dikutip “Tech Times”, Kamis (11/2/2016), menuturkan bahwa kurang lebih 10 tahun mendatang, Apple akan mengakhiri smartphone iPhone. Aplikasi Mixed Reality-MR yang mendukung iOS paling cepat akan dirilis pada tahun  2018 mendatang, kata Gene Munster.

Virtual Reality adalah impian banyak pakar teknologi masa depan, namun, karena hambatan teknis, virtual reality belum benar-benar bersinar di pasar. Augmented reality adalah gambar yang dihasilkan komputer, pengguna dapat mengintegrasikan ke dalam lingkungan dunia nyata melalui perangkat headset.

Menurut penuturan Gene Munster, dalam 5-10 tahun ke depan, Apple akan merilis sebuah perangkat wearable Mixed Reality, dan diperkirakan akan diambil alih olehhnya 15 tahun mendatang. Gene Munster yakin, pada akhirnya VR-Virtual Reality akan menggantikan iPhone.

Sementara layar akan menjadi barang usang secara bertahap, dan akan digantikan Virtual Reality yang memungkinkan seseorang melakukan suatu interaksi terhadap suatu objek grafis dengan visualisasi 3D atau gambar berhologram. Sementara dari sisi harga untuk teknologi baru ini akan sama dengan harga iPhone saat ini.

Sebenarnya, sejak beberapa tahun terakhir ini, Apple telah mengakuisisi empat perusahaan baru terkait augmented reality dan virtual reality, seperti Metaio, FaceShift, FlyBy Media dan PrimeSense, jadi kita bisa melihat ambisi Apple yang ikut tertarik dalam perangkat AR dan VR. Menurut prediksi para analis, Apple memang akan membawa ‘kejutan’ baru di tahun ini, di mana mereka akan semakin agresif menggeluti teknologi AR dan VR demi menciptakan perangkat canggih dan mutakhir. (Epochtimes/Jhon/asr)

Share

Video Popular