Oleh Chen Juncun

Sebuah lubang besar tiba-tiba muncul di dasar sungai Atoyac, Meksiko beberapa hari lalu. Akibatnya air sungai, kering dalam semalam. Kejadian ini memberikan dampak serius kepada penduduk setempat. Mereka kekurangan air sekarang.

Aliran sungai Atoyac melewati beberapa kota dan desa di propinsi Veracrus, memasok kebutuhan air bagi sekitar 10.000 keluarga yang berada di sepanjang sungai termasuk industri gula lokal.

Penduduk sekitar sungai itu mengatakan bahwa pada 28 Februari 2016 lalu, mereka mendengar suara keras dan merasakan gemuruh di permukaan tanah. Keesokan harinya, mereka menemukan air sungai Atoyac sudah mengering, sangat berbeda dengan sehari sebelumnya.

Melalui penelitian yang dilakukan oleh pihak terkait, ditemukan ada sebuah lubang besar dengan panjang sekitar 30 meter dan lebar 20 meter menganga di dasar sungai dekat sumber air sungai itu. Akibatnya air sungai sudah habis ‘ditelan’ lubang itu sebelum mengalir ke hilir. Tampaknya, amblesnya tanah di sekitar lubang itu masih berlangsung.

Pihak berwenang sampai sekarang belum bisa memastikan penyebab terjadinya lubang besar itu. Walikota Atoyac menghimbau pemerintahan pusat untuk untuk menyelamatkan sungai tersebut.

Meskipun di beberapa kubangan pada dasar sungai masih tertinggal sedikit air, tetapi penduduk percaya bahwa air itu juga akan segera mengering, yang mana akan memberikan dampak kekeringan pada flora dan fauna di sepanjang sungai itu.

Warga setempat bernama Juana Sanchez dengan wajah cemas mengatakan, dalam Alkitab sudah dilukiskan bahwa akibat manusia mengeksplorasi secara berlebihan aliran sungai, maka mereka sekarang akan melakukan pembalasan. Dan belum tahu lagi apa yang akan menimpa manusia di kemudian hari. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular