Oleh: Pudiyanto

Kementerian Pariwisata Indonesia menggelar “Festival Kuliner Nusantara 2016” di Mal Artha Gading, Jakarta Utara. Di ajang kuliner yang dibuka mulai Kamis (14/4/2016) sampai Sabtu (16/4/2016) ini dipamerkan berbagai kuliner Nusantara dari 34 Provinsi di Indonesia.

Di ajang ini, pengunjung bisa menikmati aneka kuliner tradisional yang merupakan kekayaan  negeri dari berbagai penjuru Indonesia. Ada 65 stand termasuk dari lembaga pendidikan kuliner, asosiasi bidang kuliner, serta industri yang terkait yang tersedia di booth-booth.

Keterangan foto: Sedia banyak camilan khas daerah juga. (Foto Pudiyanto)
Keterangan foto: Sedia banyak camilan khas daerah juga. (Foto Pudiyanto)
Keterangan foto: Ini booth Betawi dengan ikon khasnya. (Foto Pudiyanto)
Keterangan foto: Ini booth Betawi dengan ikon khasnya. (Foto Pudiyanto)

Saat Erabaru.net mengunjungi lokasi ini. Kamis (14/4/2016), bangunan booth di halaman depan Mal Artha Gading ini, sudah disulap menjadi lokasi kulineran. Dominasi warna putih dan sedikit merah, bernuansakan Indonesia banget. Selama tiga hari, pengunjung bisa mencicipi kuliner yang ternama dari daerahnya sepert tengkleng Solo, Timlo, Soto gerabah, kerak telor Betawi, aneka camilan daerah seperti Payakumbuh, Padang, Kalimantan, Banten dan lain sebagainya.

“Ya kita tiga hari di sini mas, kami sedia soto gerabah, timlo dan thengkleng asli Solo,” ujar Ibu dari booth Jawa Tengah kepada Erabaru.net, Kamis (14/4/2016).

Keterangan foto: Tengkleng khas Solo yang bikin kangen. (Foto Pudiyanto)
Keterangan foto: Tengkleng khas Solo yang bikin kangen. (Foto Pudiyanto)

Nah untuk diketahui, pengunjung bukan hanya bisa kulineran memanjakan lidah, namun juga bisa menikmati aksi atraksi kesenian dan tarian daerah. Ada pangggung di tengah lokasi event yang akan menampilkan performa artis Ibu Kota yang akan turut meramaikan, seperti Tasya, Lusi Rachmawati, dan band RAN. Ada juga demo masak dari chef-chef ternama juga, seperti Didin Khairudin, Eddrian Tija, Marco Lim, dan Astrid Enricka.

Kemenpar menargetkan 30.000 pengunjung datang ke festival. Melalui ajang festival kuliner ini diharapkan dapat mempromosikan ke wisatawan asing maupun domestik, sehingga kuliner nusantara semakin dikenal. Juga diharapkan semakin banyak turis yang berminat datang ke Jakarta dengan menikmati kuliner di ajang festival kuliner nusantara 2016 ini.

Jadi, bagi Anda yang kangen kuliner nusantara khas daerah anda atau mau mencicipi menu kuliner daerah lain yang belum pernah coba, bolehlah datang ke acara ini, sekaligus mengisi waktu weekend anda. Salam kuliner nusantara. (rmat)

Share

Video Popular