Sabtu, 21 April lalu, Facebook memperkenalkan panggilan video gratis di aplikasi Messenger (Group Calling), memungkinkan pengguna menelepon hingga 50 teman untuk berbicara. Setiap pengguna yang menggunakan aplikasi Messenger untuk platorm Android dan iOS di seluruh dunia akan bisa menggunakan fitur ini dalam waktu 24 jam setelah pengumuman tersebut dirilis, demikian pernyataan Facebook.

Facebook mengumumkan kalau mereka telah menambahkan fitur untuk melakukan group call di aplikasi Messenger. Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan sambungan telepon melalui internet (VoIP) ke lebih dari satu pengguna secara bersamaan. Untuk melakukan group call, facebookers harus masuk ke sebuah grup yang dimiliki di Messenger.

Di dalam grup tersebut facebookers akan menemukan sebuah tombol berbentuk telepon, yang apabila ditekan akan membawa ke halaman lain untuk memilih anggota grup mana saja yang ingin dihubungi. Setiap pengguna yang mendapat panggilan punya pilihan untuk menerima, mengabaikan, atau menolak panggilan tersebut

Dengan fitur terbaru ini, pengguna bisa melakukan sambungan telepon dengan 50 orang secara bersamaan, demikian dilansir dari TechCrunch, Sabtu 21 April 2016.  Sejak 2013 lalu, Facebook mulai melakukan sambungan telepon melalui internet VoIP ; dan April 2016 lalu, pertama kali memperkenalkan fitur panggilan suara, sementara itu, messenger juga telah menguasai 10% pangsa pasar global dari panggilan melalui internet VoIP mobile, kata Mark Zuckerberg, CEO Facebook.

Target akhir Messenger adalah menggantikan nomor telepon. Sejak 2015 lalu, Facebook mulai memperkenalkan fitur panggilan telepon agar semua pengguna bisa saling chatting, meski tidak saling mengenal satu sama lain. Kendali kita atas nomor telepon tidaklah besar, tapi secara perbandingan, Messenger akan lebih mudah memblokir orang-orang yang tidak ingin ditemui.

Fitur telepon mulai banyak disematkan oleh beberapa layanan chat, seperti Wechat, Line dan juga WhatsApp yang sudah lebih dulu membekalkan fitur telepon gratis pada layanannya. Kini Facebook dikabarkan juga akan merilis fitur telepon pada layanan Facebook Messenger. Facebook selalu menciptakan hal baru pada layanannya agar para pengguna nantinya juga setia dan semakin banyak menggunakan layanan tersebut.

Untuk melakukan group call, anda harus masuk ke sebuah grup yang anda miliki di Messenger. Di dalam grup tersebut anda akan menemukan sebuah tombol berbentuk telepon, yang apabila ditekan akan membawa anda ke halaman lain untuk memilih anggota grup mana saja yang ingin anda hubungi. Setiap pengguna yang mendapat panggilan punya pilihan untuk menerima, mengabaikan, atau menolak panggilan tersebut. (Jhon/asr)

Share

Video Popular