Oleh: Lin Yan

Sebuah vila Romawi kuno dengan skala terbesar dan terawat utuh ditemukan di sebuah taman belakang rumah seorang warga di Wiltshire, Inggris.

Seorang desainer karpet asal Inggris bernama Luke Irwin tanpa sengaja menemukan sebuah vila zaman Romawi kuno di taman belakang rumahnya. Irwin menemukan bangunan Romawi kuno yang sangat signifikan ini ketika sedang memasang kabel listrik bawah tanah di taman belakang rumahnya di Wiltshire, Inggris, demikian dilansir dari CNN, Minggu (17/4/2016).

Februari tahun lalu, Irwin dan pekerja konstruksi menemukan lapisan tanah yang keras di bawah tanah di kedalaman 18 inci, awalnya Irwin mengira itu hanya mosaik biasa dan menyadari arti penting dari mosaik di bawah tanah itu, sehingga ia pun menggalinya sendiri tapi tak sanggup, lalu memanggil sekelompok ahli arkeologi.

“Ini adalah temuan yang luar biasa. Terus terang, saya benar-benar dibuat terperangah olehnya,” kata Irwin.

Keterangan gambar: (Atas) Struktur vila dengan skala yang menakjubkan sedang digali oleh tim arkeolog di taman belakang rumah Irwin. (Bawah) Dalam penggalian itu ditemukan cangkang tiram, koin, bros, tulang belulang hewan dan sebagainya. (Youtube video screenshot)
Keterangan gambar: (Atas) Struktur vila dengan skala yang menakjubkan sedang digali oleh tim arkeolog di taman belakang rumah Irwin. (Bawah) Dalam penggalian itu ditemukan cangkang tiram, koin, bros, tulang belulang hewan dan sebagainya. (Youtube video screenshot)

Setelah penggalian selama delapan hari oleh Historic England dan Salisbury Museum akhirnya diketahui situs di bawah tanah rumah Irwin itu adalah sebuah vila Romawi Kuno. Menurut para arkeolog, vila ini dibangun antara tahun 175-220 Masehi. Ditilik dari skalanya, ini adalah vila Romawi kuno terbesar yang ada di Inggris.

Bangunan vila Romawi kuno itu setidaknya ada 50 meter panjangnya, dengan lebar 50 meter. Arkeolog juga menemukan ruang kamar mandi dan sumur, serta guci, koin dan barang-barang lainnya. Dari artefak-artefak yang ditemukan ini diduga pemiliknya adalah seorang tokoh kaya raya yang sangat berpengaruh kala itu.

“Tidak diragukan lagi, situs ini sangat bernilai untuk penelitian dan memiliki potensi menakjubkan. Ini adalah salah satu situs terbaik yang pernah saya kerjakan. Ini adalah vila dengan struktur yang sangat halus dan terawat sempurna yang tidak pernah saya temui dalam beberapa tahun terakhir, dan tidak pernah tersentuh setelah runtuhnya 1.500 tahun lalu, sehingga menjadikannya sangat penting. Temuan ini sangat signifikan, selain selaras dengan misi negara yang tengah giat dengan upaya pelestarian, penemuan ini juga akan membuka gambaran kehidupan ribuan tahun yang lalu,” kata arkeolog David Roberts dari Historic England.

Arkeolog juga membandingkan vila Romawi kuno ini dengan Chedworth Roman Villa yang ditemukan pada 1864. Chedworth Roman Villa terletak di Gloucestershire, Inggris, dibangun antara kurun abad ke-2 dan ke-4, yang berusia sekitar 1700 tahun. Di dalam villa tersebut juga ditemukan mosaik, kamar mandi dan struktur lainnya. (Epochtimes/ joni/ rmat)

Share

Video Popular