Bandara Internasional Baiyun, Guangzhou mulai Senin (16/5/2016) akan memberlakukan  ketentuan baru untuk para calon penumpang dengan tiket kelas ekonomi yang menggunakan jasa penerbangan domestik. Ketentuan baru itu adalah bahwa satu penumpang hanya diperbolehkan untuk membawa serta ke dalam pesawat 1 koli bagasi atau kopor yang berukuran tidak melebihi 20X40X55 cm dengan berat kurang dari 5 Kg.

Pihak manajemen bandara mengatakan bahwa pihaknya akan menambah sejumlah pos dan petugas pemeriksaan dalam pelaksanaan ketentuan ini, diingatkan bahwa bagasi yang tidak sesuai dengan ketentuan akan dilarang naik pesawat. Untuk itu, para calon penumpang agar lebih memperhatikan barang-barang bawaannya, menentukan barang mana yang akan dibawa serta dan yang perlu dimasukkan ke dalam kabin bagasi pesawat agar  tidak mengganggu jadwal penerbangan.

Pakar penerbangan Tiongkok menyebutkan bahwa ketentuan baru ini berkaitan dengan keselamatan dalam penerbangan karena ruang bagasi yang terletak di atas bangku penumpang itu sangat terbatas, bila barang yang dibawa serta oleh penumpang melampaui ketentuan, selain mungkin tidak dapat dimasukkan ke dalam rak tersebut, juga bisa membuat pintu raknya tak dapat tertutup rapat sehingga memungkinkan bagasi jatuh dan menimpa penumpang.

Kelebihan barang bawaan di rak bagasi lalu dipindahkan ke kabin bagasi tentu akan menyita waktu mengganggu jadwal penerbangan karena petugas harus kembali mengatur beban barang agar tidak mengganggu keseimbangan pesawat dalam penerbangan. (Secretchina/sinatra/rmat)

 

Share

Video Popular