Oleh: Su Fei

Ini adalah suatu peristiwa yang ganjil dan misterius, peristiwa aneh yang terjadi di sebuah desa terpencil di Kazakhstan. Orang-orang pada umumnya menganggap bahwa desa itu telah “dikutuk,” karena banyak anak-anak di desa ini sering mengalami kram kaki, kejang-kejang, mati rasa di beberapa bagian tubuh, pusing dan pandangan kabur atau gejala ganjil tertidur selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu.

Desa di Kazakhstan ini total dihuni 1500 warga. Dua tahun lalu, terjadi ledakan di sebuah bangunan pembangkit listrik di sekitar desa ini, pasca insiden itu, sekitar sembilan puluh warga setempat tiba-tiba jatuh sakit, dan sejak itu, terjadi gejala-gejala ganjil seperti yang disebutkan di atas.

Gejala yang dialami mereka itu disebut “Sleepy Hollow,” dan gejala penyakit Sleepy Hollow ini mulai terjadi sejak saat itu. Banyak anak-anak tiba-tiba jatuh pingsan saat berangkat sekolah.

Anak-anak sering jatuh pingsan secara tiba-tiba. Desa yang dikutuk?  (Internet)
Anak-anak sering jatuh pingsan secara tiba-tiba. Desa yang dikutuk? (Internet)

Sebenarnya, setengah penduduk desa itu memang menderita penyakit kronis. Sementara lebih dari 80% anak-anak di sana juga menderita penyakit pada sistem pernapasan, dari hasil penyelidikan terkait disebutkan bahwa udara di sana mengandung racun!

Namun, Pemerintah seempat menampik kesimpulan tersebut, meskipun beberapa warga desa Berezovka sempat mengungsi sementara ke kawasan tetangga, namun, penyakit misterius itu masih terjadi.

Laporan lainnya menyebutkan, orang tua korban lainnya, Tiek Temirgaliev, mengatakan bahwa secara tiba-tiba, putranya, Termilan, mengalami kejang-kejang, hingga mati rasa di bagian kakinya. Setelah dirawat di Kota Aktobe, kejang-kejangnya berhenti, tapi pandangan matanya kabur.

“Sekarang putra saya mengalami darah rendah. Kadang kakinya mati rasa dan tak bisa bicara. Dia juga kadang mengalami nyeri di dadanya,” kata Temirgaliev.

Sementara itu, Oksana Nazbayeva, orang tua korban lainnya menyatakan bahwa menurut para guru putrinya, Ruzanna yang hendak duduk di kursi kelasnya, tiba-tiba jatuh dari kursinya. Klinik di Aktobe sempat menyembuhkan kejang-kejangnya, tapi sekarang dia mulai kejang-kejang lagi.

Tak sedikit dari orangtua korban yang menyalahkan bahwa penyakit misterius itu, tak lepas dari limbah beracun pembangkit listrik ladang minyak Karachaganak Petroleoum (KPO) yang dioperasikan perusahaan Amerika Serikat.

Hal ini juga jadi perhatian pemerintah. Namun otoritas Kazakhstan yang pernah menginspeksi lokasi itu, justru menyatakan level polusinya masih dalam kadar aman.

“Sudah 82 keluarga yang dipindahkan ke 128 rumah susun di Kota Aksai. Pada tahun 2016 ini juga, kami akan menangani masalah itu dengan tuntas,” tutur Kepala Daerah setempat, Nurlan Nogayev. (Secretchina/joni/rmat)

Share

Video Popular