Oleh: Ye Yu Huan

Terkait “kutukan” yang sekilas terdengar menyeramkan ini, secara umum tidak ada dasar ilmiahnya. Tetapi orang-orang berpandangan lebih baik percaya daripada tidak. Kutukan itu tidak seperti menemui nasib buruk, tapi lebih mirip seperti mendapat hukuman karena perbuatan buruk.

Menurut legenda turun temurun, bahwa kekayaan, skandal (perbuatan yang memalukan), pendapatan yang tidak benar (haram), turunan, takabur (arogan), bahkan ramalan bisa menjadi faktor atau sebab sebuah keluarga mendapatkan kutukan.  Kutukan keluarga adalah alasan. Ketika satu keluarga dalam kehidupan nyata mengalami nasib yang malang selama beberapa generasi, maka yang terlintas dalam benak orang-orang adalah apakah kutukan itu telah tiba pada keluarga yang dikutuk. Berikut rangkuman dari delapan keluarga di dunia yang mendapat kutukan yang dihimpun laman Amerika, www.askmen.com.

  1. Kutukan keluarga Bruce Lee

Suatu malam, super star kung fu Bruce Lee merasakan sakit kepala yang tak tertahankan lalu minum beberapa pil obat sakit kepala, namun, tak diduga reaksi alergi dari obat itu justru membuatnya mengalami pembengkakan otak. Tak lama kemudian Bruce Lee pun meninggal karena karena edema serebral. Ketika itu, Bruce Lee yang baru berusia 32 tahun tengah naik daun menuju ke jajaran super star dunia, dan film kungfu klasik “Enter the Dragon” yang dibintanginya itu memberi dampak yang mendalam satu bulan kemudian setelah dirilis.

Dua puluh tahun kemudian, musibah yang dialami Brandon Lee, putra satu-satunya bahkan lebih tragis dan misterius dari ayahnya. Kerika itu, Brandon Lee sedang syuting sebuah adegan dalam film “The Crow,” perannya harus ditembak mati. Sehari sebelumnya tim property tanpa sengaja memasukkan satu peluru asli ke dalam pistol. Keesokannya sebuah tim property lain mengira pistol itu kosong, dan ketika salah satu actor lawannya menarik pelatuk, Brandon Lee yang baru berusia 28 tahun ketika itu pun tewas seketika di tempat syuting. Sama dengan ayahnya, ketika itu karir Brandon Lee juga tengah menanjak sebagai seorang super star.

Perihal keturunannya : Yang akan segera menapak ke jalan ketenaran merupakan saat-saat yang paling genting sekaligus harus diwaspadai anggota keluarga Lee, hal ini mungkin dapat menjelaskan tentang keberadaan Shannon Lee, yakni saudara kandung Brandon Lee yang kurang beruntung dalam meniti karirnya dilayar lebar, karena hanya membintangi satu film, dan biasa-biasa saja. Tidak ada prospek sama sekali untuk masa depan, namun justru tidak ada bayang-bayang bahaya yang mengintai jiwanya.

  1. Kutukan keluarga Marlon Brando

Ibu Marlon Brando menderita (penyakit) kecanduan alcohol. Anna Kashfi, istri pertama Marlon Brando juga dilanda masalah alkohol dan narkoba setelah melahirkan Christian Brando. Sementara Christian yang juga kecanduan obat menembak dan membunuh pacar saudari tirinya, Cheyenne, Dag Drollet, dan dijatuhi sepuluh tahun hukuman penjara dengan dakwaan sengaja menghilangan nyawa orang.Namun, ia hanya menjalani enam tahun hukuman.

Untuk mencegah Cheyenne bersaksi dalam kasus pembunuhan tersebut, Brando mengirimnya ke pulau Tahiti, di mana pemerintah AS tidak bisa mengirim surat panggilan. Tepat satu tahun setelah Christian dibebaskan dari penjara, Cheyenne yang masih depresi atas kematian Dag Drollet bunuh diri dengan menggantung diri. Usianya baru 25 tahun ketika itu.

Perihal keturunannya : Marlon Brando menyewa sebuah pulau kecil di sekitar pulau Tahiti, dengan masa sewa  sampai 2064. Saudara Cheyenne yang bernama Tehotu saat ini tinggal sendirian di pulau tersebut. Selain itu, Marlon Brando juga masih memiliki banyak anak, tapi sebagian besar juga dibelit dengan masalah.

  1. Kutukan dinasti Tutankhamen

Tutankhamun adalah putra dari Akhenaten. Ada beberapa keluarga Raja Tut yang melakukan incest (perkawinan sedarah). Incest dipandang sebagai unsur yang dapat diterima dalam kehidupan para Dewa dan Dewi Mesir. Kebanyakan orang menyadari bahwa Tutankhamun meninggal pada usia yang muda antara 18 atau 19 tahun dan menuai kontroversi seputar penyebab kematianya. Keluarga Raja Tut terdiri dari beberapa karakter paling terkenal dalam sejarah Mesir Kuno.

Hidup mereka dikelilingi dengan perubahan yang kacau dan revolusioner di Mesir. Pembunuhan, misteri yang selalu mengelilingi kehidupan keluarga Raja Tut. Ayahnya, Raja Akhenaten dan Ibu tirinya Nefertiti yang secara misterius menghilang. Kemudian Ay Wazir Agung yang juga ayah dari Nefertiti dan kakek dari Ankhesenamun juga meninggal dalam keadaan misterius.

  1. Kutukan keluarga Nehru Gandhi

Seiring dengan kemerdekaan India pada 1947, telah mengantar sebuah dinasti politik baru. Nehru menjadi perdana menteri pertama India, dan mendorong Indira, putrinya terjun ke dunia politik

Indira Gandhi menjadi Perdana Menteri India pada 1966-1977, dan terpilih kembali pada 1980. Ia pernah berupaya memupuk Sanjay, putranya untuk mewarisi dinasti politiknya, namun sayangnya, Sanjay tewas dalam kecelakaan pesawat tidak lama setelah ia terpilih kembali sebagai PM India.

Empat tahun kemudian, Indira memerintahkan sebuah operasi penyerangan terhadap kuil suci umat Hindu Sikh, karena diduga di tempat itu, Jarnail Singh dan para milisi pendukungnya menyembunyikan senjata mereka. Namun, serangan yang dilancarkan Indira itu ternyata menimbulkan akibat yang fatal bagi Indira. Dua orang penjaga Indira yang ternyata merupakan orang Sikh melakukan pembalasan dendam atas operasi militer yang dilakukan Indira tersebut. Lima bulan kemudian, Indira tewas ditembak dengan 31 berentetan peluru yang ditembakkan dua orang pengawalnya yang merupakan orang Sikh.

Langkah politik Indira kemudian dilanjutkan oleh putra sulungnya, Rajiv. Pada 21 Mei 1991, ketika Rajiv Gandhi sedang melakukan kampanye pemilu di Sriperumbudur, seorang perempuan muda membungkuk menyentuh kaki sang perdana menteri, lalu meledakkan sabuk bunuh diri RDX yang sarat bahan peledak yang terselip di dalam gaunnya. Beberapa saat kemudian, nyawa Rajiv Gandhi, termasuk perempuan pelaku bom bunuh diri serta 16 orang lainnya melayang di tempat.

  1. Kutukan kerajaan Romanov

Setelah pembunuhan kakeknya tiga belas tahun kemudian, Nicholas II yang masih muda menjadi Tsar Rusia. Istrinya, Alexandra mewarisi gen mutasi dari Ratu Victoria, kemudian diteruskan kepada anaknya. Sementara itu, pengeran Alexei Nikolaevich, putra tunggal Nicholas II, yang tengah menanti naik takhta, lahir dengan penyakit hemofilia, sehingga rakyat Rusia berpendapat ia  tidak cocok untuk memerintah negara.

Di bawah tekanan keputusasaan Alexandra yang ingin segera menyembuhkan anaknya lalu meminta bantuan  Grigory Rasputin, seorang spiritualis yang banyak memicu kontroversial, namun, langkah ini membuat sebagian anggota keluarga kerajaan menjadi iri dan dengki.

Lalu secara rahasia, mereka merencanakan pembunuhan atas Rasputin. Tetapi rupanya Rasputin adalah orang yang tidak mudah mati. Setelah beberapa kali ditembak, dipukuli secara brutal, diracun, dan dikebiri, Rasputin tetap bertahan hidup. Baru ketika tubuhnya diikat dan dimasukkan dalam sungai yang sedang membeku, akhirnya Rasputin bisa mati.

Namun, tak disangka, sebelum mati Rasputin telah menulis sepucuk surat untuk ratu Alexandra yang intinya tentang nasib buruk kerajaan apabila dia mati di tangan para bangsawan dan bahwa keluarga kerajaan akan menerima nasib yang sama dengannya dalam waktu tidak lebih dari satu tahun. Kutukan Rasputin itu akhirnya benar-benar terbukti. Kurang dari satu tahun setelah kematiannya, semua anggota keluarga kerajaan Romanov dieksekusi secara brutal dalam sebuah pemberontakan.

  1. Kutukan Keluarga Hemingway ketiga

Cukup hanya dengan melihat sekilas riwayat keluarganya bisa ditemukan sumber kutukan atas keluarga mereka, Depresi berat.

Saat Hemingway mengawali karir sastranya pada usia 29 tahun, ayahnya tewas bunuh diri. Semenjak kepergian ayahnya, Hemingway berturut-turut memenangkan Hadiah Pulitzer dan Nobel, dan tentu saja memiliki banyak harta, tetapi semua itu tidak dapat mencegahnya bunuh diri dengan tembakan pistol pada usia 62 tahun.

Lima tahun kemudian, Ursula Hemingway, adik perempuannya tewas overdosis obat karena depresi berat. 16  tahun setelah itu, Leicester Hemingway, adik laki-laki satu-satunya tewas bunuh diri karena harus diamputasi akibat diabetes tipe II yang menderanya. Sepuluh tahun kemudian, Margaux Hemingway, cucunya yang berusia 35 tahun juga tewas bunuh diri karena overdosis obat akibat depresi.

Perihal keturunannya, keluarga Ernest akhirnya punya keturunan, yakni Mariel Hemingway yang juga sangat terkenal, memiliki dua anak perempuan bernama Dree Louise Hemingway dan Langley Fox  atau lengkapnya Langley Fox Hemingway Crisman.

  1. Kutukan keluarga Von Erich

Fritz Von Erich adalah seorang pegulat sukses, istrinya melahirkan enam anak untuknya, tapi sayangnya, anak-anak ini dapat dikatakan selau ditimpa musibah yang lebih buruk :

Kutukan mereka ini dimulai saat seorang anak sulung dari keluarga ini yang berumur 6 tahun, Jack Jr. tidak sengaja tersetrum dan tewas tenggelam di kubangan salju basah. Setelah itu, kesialan demi kesialan menimpa keluarga tersebut. Anak ketiga Fritz, David (Yellow Rose Of Texas), meninggal karena gastroenteritis, Kerry (anak keempat), Michael (kelima), dan Chris (keenam) tewas bunuh diri karena overdosis narkoba.

  1. Kutukan keluarga John F. Kennedy

Sebagai mantan keluarga nomor satu di seantero Amerika, keluarga Kennedy memiliki garis keturunan terkutuk dari berbagai sisi. Nasib buruk yang selalu terulang, harta kekayaan yang tidak jelas asal usulnya dan sejenisnya itu tampaknya memberikan peringatan yang tidak baik pada mereka. Menariknya, Senator Ted Kennedy pernah mengatakan bahwa keluarganya mungkin telah dikutuk.

Edward Klein, penulis buku nonfiksi yang menulis mengenai keluarga Kennedy mengatakan, bahwa istilah “kutukan” yang dikumandangkan ini adalah “akibat dari akhir kehancuran total keluarga Kennedy yang mahakuasa. Mereka perlu perumusan ini untuk menghindari ketidakmampuan mereka dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Inilah realitas kehidupan yang kejam.

Sejak awal pembunuhan terhadap John. F. Kennedy, nasib buruk seakan-akan menegaskan bayangan kutukan yang mengerikan ini, termasuk kegagalan operasi otak, keguguran, stroke, kanker, kecelakaan pesawat, pembunuhan berencana, kecelakaan ski, overdosis, bunuh diri, dan sebagainya terhadap keluarga Kennedy.

Berbagai tragedi yang bisa  dihindari membuat satu demi atau anggota keluarga Kennedy ini menuju ke jalan kematian, beberapa diantaranya karena kecelakaan, atau dibunuh, dan beberapa diantaranya hanya karena kelalaian semata, perilaku yang tidak pantas atau arogan dan keangkuhan keluarga Kennedy. (Secretchina/joni/rmat)

Share

Video Popular