Sebuah kapal Angkatan Laut Prancis telah menangkap sinyal yang diduga dipancarkan dari kotak hitam pesawat penumpang EgyptAir MS 804. Hal itu dikemukakan petugas investigasi Mesir pada Rabu (1/6/2016).

Detektor khusus yang dipasang di kapal pencari milik Prancis ‘La Place’ menangkap sinyal dari dasar Laut Mediterania. Sinyal tersebut diduga adalah data logger penerbangan.

Sinyal-sinyal ini dapat memberikan penunjuk kepada pencari untuk menemukan lokasi kotak hitam. Karena kotak hitam dalam air dapat memancarkan sinyal hanya untuk 30 hari saja. Maka mengejar waktu menjadi penting.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada dini hari (19/5/2016), pesawat penumpang Airbus A320 milik EgyptAir dengan nomor penerbangan MS 804 yang terbang dari Prancis menuju Kairo tiba-tiba hilang dari pantauan radar penerbangan. Pesawat yang membawa 56 orang penumpang dan 10 orang awak saat itu sedang berposisi di atas udara Medeterania tak jauh dari Kairo.

Sampai saat ini, regu penyelamat dan pencarian sudah menemukan rongsokan, potongan tubuh, barang-barang milik penumpang dan pesawat namun belum menemukan badan pesawat.

Penangkapan sinyal yang disebutkan ini bukan untuk yang pertama kalinya, petugas pencari sudah beberapa kali menangkapnya. Pekan lalu, perusahaan Airbus juga memberitakan bahwa mereka sudah menangkap sinyal yang dipancarkan oleh locator transmitter dari pesawat buatan mereka itu. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular