Badan Meteorologi Taiwan cabang kota Taitung menyatakan bahwa siklon tropis Nepartak pagi tadi sekitar pukul 05:50 mulai mendarat di Taiwan dari arah antara Taitung dengan Taimali County.

Kecepatan angin mencapai lebih dari 220 km per jam (skala 17). Memecahkan rekor kecepatan angin di Taitung selama 60 tahun terakhir. Kota Taitung babak belur dan warga sudah tidak berani tidur sejak tengah malam.

Siklon tropis Nepartak mendarat di Taiwan dengan kecepatan rata-rata melebihi 103 km per jam. Sejak pukul 02.00 dini hari, Taitung sudah mulai diserang angin kencang dan hujan lebat yang berkekuatan memecahkan jendela kaca rumah warga. Atap bangunan pasar buah-buahan dan sayuran terbang tertiup angin. Banyak pohon yang tumbang. Meskipun sampai pukul 6 pagi belum ada laporan tentang korban.

Jalanan banyak yang ditutup karena genangan air. Sekolah dan kantor hari ini diliburkan.

Data pada Pusat Pengendalian Bencana menunjukkan, hampir 400 orang warga sudah dievakuasi ke tempat aman. Rumah yang terkena pemadaman listrik mencapai 4.312 dan semua jalur transportasi baik darat, laut atau udara dinyatakan tertutup. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular