MAKASSAR – Aksi perang melawan Narkoba tak selalu dilakukan oleh institusi penegak hukum yang bertugas memberantas kejahatan. Perang melawan Narkoba bisa dilakukan oleh semua pihak yang mendukung aksi tangkal Narkoba.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara BNN dengan PT. Pelindo 4 dan Universitas Hasanudin (Unhas) di Kantor Pelindo 4, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (25/7/2016). Secara bersamaan, merupakan salah satu wujud dari perang melawan narkoba yang dilakukan oleh berbagai lini.

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Kepala BNN, Komjen Budi Waseso (Buwas), dengan Doso Agung, Direktur Utama PT Pelindo 4 dan Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA selaku Rektor Universitas Hasanudin.

BNN dalam siaran persnya, PT. pelindo 4 merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhan, dan memiliki komitmen dan tanggung jawab untuk menyukseskan serta mendukung program pemerintah dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika (P4GN).

Sementara Universitas Hasanuddin adalah Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum sebagai penyelenggara pendidikan tinggi dan bergerak di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang peduli terhadap permasalahan Narkoba di Indonesia.

Kedua institusi ini sepakat untuk terus mendukung BNN dan bergerak bersama untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba. Banyaknya aksi kejahatan Narkoba yang memanfaatkan jalur laut sebagai upaya penyelundupan Narkoba dan banyaknya aksi penyalahgunaan Narkoba yang terjadi di lingkungan kampus menjadi salah satu dasar dilakukannya kerjasama antara BNN dengan PT. Pelindo 4 dan Unhas.

Dua nota kesepahaman ini memiliki ruang lingkup kerjasama yang berbeda. Dengan PT. Pelindo 4, keduanya sepakat akan melakukan kerjasama pengawasan terhadap lalu lintas orang dan barang yang dicurigai menggunakan pelabuhan sebagai pintu masuk penyelundupan Narkoba. PT.

Pelindo 4 dan BNN akan melakukan pertukaran data dan informasi jika menemukan indikasi adanya penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika di lingkungan kerja PT. Pelindo 4. PT. Pelindo 4 juga sepakat untuk memberikan akses kepada BNN untuk melakukan tindakan yang berkaitan dengan penyelidikan dan penyidikan Tindak Pidana Narkotika dan Prekursor Narkotika.

Sementara Unhas berkomitmen untuk meningkatkan upaya pemberantasan Narkoba dengan melakukan rehabilitasi berkelanjutan bagi pecandu Narkoba yang ada di lingkungan Unhas. Unhas juga sepakat untuk melakukan peningkatan kompetensi dan kapasitas sumber daya manusia di bidang P4GN.

Selain itu, Unhas akan mengembangkan program pendidikan tinggi, pelatihan, lokakarya, seminar, penelitian dan kegiatan ilmiah di bidang P4GN serta pembinaan/pengabdian dan pemberdayaan masyarakat anti penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba di Lingkungan Unhas.

Hal lain yang disepakati ketiganya adalah kerjasama meliputi aktifitas diseminasi informasi dan advokasi terkait P4GN, peningkatan peran serta PT. Pelindo 4 dan Unhas sebagai penggiat anti Narkoba, serta pelaksanaan tes/uji Narkoba di lingkungan PT. Pelindo 4 dan Unhas. Dilakukannya kerjasama ini merupakan wujud bersama dalam mencegah penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba. (asr)

Share

Video Popular