JAKARTA –  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Archandra Tahar diberhentikan secara hormat dari jabatannya oleh Presiden Joko Widodo. Dalam pencopotan ini, Jokowi menunjuk Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan sebagai plt Menteri ESDM.

Hal demikian disampaikan secara resmi oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno didampingi Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/8/2016) malam. Pencopotan sebagai jabatan Menteri ESDM resmi berlaku Selasa (16/8/2016).

“Menyikapi pertayaan-pertanyaan publik yang terkait dengan status kewarganegaraan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Saudara Arcandra Tahar, dan setelah memperoleh informasi dari berbagai sumber, Presiden memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat Saudara Arcandra Tahar dari posisinya sebagai Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral,” kata Pratikno dalam jumpa pers.

“Dan menunjuk Saudara Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman sebagai pelaksana tugas wewenang dan tanggung jawab Menteri ESDM sampai diangkatnya Menteri ESDM definitif,” lanjut Pratikno.

“Keputusan pemberhentian ini efektif diberlakukan mulai besok pagi, Selasa 16 Agustus 2016,”  tambah Pratikno.

Arcandra Tahar dilantik oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menjadi Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral menggantikan Sudirman Said pada 27 Juli 2016 lalu. Archandra adalah Presiden Direktur Petroneering di Houston, Amerika Serikat. Pria kelahiran Padang ini juga pemilik hak paten atas teknik kilang lepas pantai serta 14 tahun memiliki pengalaman di bidang hidrodinamika dan offshore. (asr)

Share

Video Popular