Erabaru.net. India adalah negara dengan penduduk lebih dari 1 miliar orang yang tersebar di lima wilayah besar, dengan populasi yang sangat beragam. India memiliki lebih dari 122 bahasa yang berbeda dan masakannya sangat bervariasi antar daerah. Namun walaupun ada perbedaan, masih ada kesamaannya, yaitu orang India suka makan kari.

Kata kari berarti saus. Kari tidak terbuat dari satu jenis rempah saja; kari terbuat dari gabungan banyak rempah-rempah. Meskipun kombinasi dan perbandingan rempah-rempah bervariasi dari satu kari dengan kari yang lain, banyak manfaat rempah-rempah yang standar untuk membuat sebagian besar campuran kari.

Berikut adalah gambaran rempah-rempah yang sering Anda jumpai di dalam kari dan apa manfaatnya untuk kesehatan Anda.

Jintan

Jintan sangat baik untuk pencernaan. Aromanya saja sudah membuat enzim di dalam air liur bekerja di dalam mulut, yang merupakan langkah pertama yang penting untuk pencernaan yang sehat. Jintan juga meredakan kembung, berfungsi sebagai pencahar alami, dan berkhasiat sebagai anti-jamur dan anti-mikroba. Menariknya, jintan berfungsi sebagai relaksan dan juga stimulan, dan komponen tertentu di dalam minyak atsiri jintan berkhasiat menenangkan.

Kunyit

Kunyit berkhasiat sebagai anti-kanker, anti-peradangan, banyak mengandung antioksidan, meningkatkan fungsi otak, menyehatkan jantung. Kunyit juga merupakan unsur penting dalam sebagian besar campuran bubuk kari. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kunyit, campurkan dengan lada hitam segar yang digiling.

Ketumbar

Setelah tanaman ketumbar (cilantro) berbunga dan tumbuh bibit, maka disebut sebagai ketumbar. Banyak manfaat ketumbar. Seperti halnya dengan jintan, ketumbar meningkatkan fungsi pencernaan seperti mengurangi kembung, mencegah mual, dan memerangi diare. Ketumbar juga berkhasiat sebagai anti-histamin alami, berkhasiat sebagai antiseptik untuk menyembuhkan infeksi mulut, menyembuhkan penyakit kulit, menurunkan tekanan darah, dan merupakan sumber alami besi. Jika Anda merasa mungkin mengalami keracunan makanan, maka ambil segenggam ketumbar dan makanlah. Khasiat ketumbar untuk membasmi salmonella dua kali lebih kuat dibandingkan dengan antibiotik terkenal.

Jahe

Jahe adalah rempah yang harus tersedia di dalam dapur Anda, karena jahe memberikan rasa yang enak untuk makanan dan minuman dan berkhasiat untuk kesehatan. Jahe berkhasiat sebagai anti-peradangan, anti-tumor, antioksidan dan mempunyai efek menenangkan saluran pencernaan. Kesehatan dimulai dari dalam usus. Jahe membantu menghilangkan kembung, mengurangi mual, dan menyembuhkan mabuk perjalanan. Jika wanita hamil tidak begitu sehat, mengidam yang merangsang mual, maka jahe akan menenangkan lambung sehingga mengurangi muntah. Walaupun demikian, jahe hanya mengobati gejala tersebut.

Catatan : Jahe tidak dianggap sepenuhnya aman untuk wanita hamil. Konsultasi dengan dokter sebelum dikonsumsi oleh wanita hamil.

Kapulaga

Harga kapulaga lebih murah dibandingkan dengan harga saffron maupun vanili, tetapi hanya kapulaga yang banyak dipakai dalam masakan India. Kapulaga merupakan penyegar nafas yang ampuh, membasmi penyakit gigi dan gusi serta meredakan sakit tenggorokan. Kapulaga juga mengeluarkan racun dari tubuh, sehingga peredaran darah menjadi lebih baik, saluran kemih berfungsi dengan baik, serta meningkatkan aktivitas jantung dan pembuluh darah.

Kayu manis

Kayu manis berkhasiat sebagai anti-bakteri, anti-virus, dan kaya akan anti-oksidan. Kayu manis beracun untuk sel kanker sehingga mengurangi pertumbuhan sel kanker, melindungi sel otak dari penyakit degeneratif seperti Parkinson, dan membantu menjaga supaya penyakit jantung yang selalu berada dalam pantauan dokter tidak bertambah parah. Kayu manis sangat bermanfaat untuk penderita diabetes atau orang yang berpotensi menderita diabetes, karena bekerja dengan cara menggabungkan dua hal ini, yaitu mengurangi resistensi insulin serta kadar gula darah yang lebih rendah. Ada dua jenis kayu manis, yaitu kayu manis “asli” dan kayu manis cassia. Kayu manis yang ditemukan di Amerika Serikat biasanya kayu manis cassia. Kayu manis “asli” sering diberi label sebagai kayu manis Ceylon. Jika memungkinkan, cobalah untuk mendapatkan kayu manis Ceylon karena kurang mengandung koumarin, yaitu senyawa kimia alami yang bertindak sebagai pengencer darah.

Cengkeh

Komponen aktif cengkeh yang berkhasiat menyembuhkan adalah eugenol. Eugenol berkhasiat sebagai anti-bakteri, anti-peradangan, dan pengeluar racun alami. Selain digunakan untuk memasak di seluruh dunia, cengkeh terbukti meredakan nyeri gusi dan mengobati saluran akar gigi, karena dalam bidang kedokteran gigi, eugenol dan komponen lainnya yang terkandung dalam cengkeh bergabung untuk berkhasiat sebagai analgesik ringan. Cengkeh mengandung zat besi, kalsium, dan mangan serta merupakan antioksidan. Untuk memeriksa kualitas cengkeh, tekan cengkeh dengan menggunakan uku jari tangan. Jika cengkeh berkualitas baik, maka cengkeh akan mengeluarkan sedikit minyak atsirinya. Cengkeh yang berkualitas baik akan mengapung di atas air, sedangkan cengkeh yang sudah basi akan tenggelam di dalam air.

Kesimpulan

Banyak manfaat memasak dengan rempah-rempah ini, dengan demikian tidak ada alasan untuk tidak menambahkan bumbu India ke dalam masakan Anda. Anda dapat mulai sedikit demi sedikit menambahkan jintan atau cengkeh untuk memasak nasi dan kacang atau Anda melakukan terobosan yang luar biasa dengan memasak kari India. Jika Anda tidak suka memasak, masih ada cara untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari rempah-rempah ini di mana jahe dan curcumin (bahan aktif dalam kunyit) tersedia dalam bentuk kapsul.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share

Video Popular