JAKARTA – Pengguna media sosial dihebohkan dengan kehadiran lagu nasi padang yang dinyanyikan oleh Audun seorang pria asal Norwegia. Sebelum lagu bergenre pop ini, puluhan tahun silam sudah hadir lagu berbahasa Belanda yang juga melantunkan masakan dari Indonesia. Namun lagu ini khusus menyanyikan tentang nasi goreng.

Melansir dari Wikipedia, lagu Geef Mij Maar Nasi Goreng adalah  lagu yang digubah oleh seorang wanita berkebangsaan Belanda yang bernama Louisa Johanna Theodora “Wieteke” van Dort  pada 1979 silam.

Dia lebih dikenal dengan sebutan Tante Lien yang lahir di Surabaya pada 16 Mei 1943. Kemudian saat Tante Lien beranjak usia 14 tahun, ia kemudian tinggal di Den Haag, Belanda hingga sekarang.

Dikarenakan kondisi politik pada saat itu bermula konflik Irian pada 1957 menyebabkan hubungan antara Indonesia dengan Belanda memburuk. Bahkan pada saat itu, pemerintah Indonesia mengeluarkan sentimen anti orang Barat. Kondisi ini akhirnya membuat Wieteke yang masih berusia 14 tahun bersama dengan keluarganya mengungsi ke Belanda.

Wieteke mengakui tak menyukai iklim Belanda yang dingin serta makanan khas di sana. Dari sanalah, Wieteke akhirnya menulis lagu Geef Mij Maar Nasi Goreng untuk mengekspresikan kerinduannya kepada Indonesia. 

Lagu ini jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti “Beri Aku Nasi Goreng” yang merupakan lagu kenangan Tante Liem semasa ia tinggal di Indonesia.  Selain Nasi Goreng, ia juga menyebutkan beberapa makanan seperti tahu petis, serundeng, bakpao, kue lapis, onde-onde, ketela pohon dan sebagainya. (asr)

Berikut videonya :

Share

Video Popular