BANJAR – Hujan deras selala dua hari berturut-turut sebabkan banjir dan longsor di Jawa Barat bagian selatan. BPBD Kota Banjar dan BPBD Jawa Barat telah melaporkan data sementara penanganan banjir dan longsor di Kota Banjar Provinsi Jawa Barat kepada Posko BNPB.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas, BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan laporan sementara penanganan bencana banjir dan tanah longsor di Kota Banjar yang terjadi pada Minggu (9/10/2016).

Data banjir yang dhimpun BNPB,  merendam beberapa desa di Kota Banjar pada Minggu (9/10/2016) pukul 17.00 WIB. Banjir di Desa Belokang, Desa Jajawar, Kecamatan Banjar, yang mengakibatkan rumah terendam setinggi 20-50 cm. Di Desa Mulyasari, Kec. Patarungan menyebabkan 25 unit rumah terendam setinggi 70 cm.

Banjir di Banjar juga menyebabkan Kel. Pataruman, Kec. Pataruman terendam menyebakan 45 unit rumah terendam setinggi 20-50 cm. Sedangkan di Desa Raharja, Kec. Purwaharja sebanyak 55 unit rumah terendam setinggi 20-50 cm

Tak hanya banjir, longsor juga melanda kawasan ini pada saat yang hampir bersamaan pada Minggu (9/10/2016) pukul 17.00 WIB, di Kec. Patarungan menyebabkan 4rumah di Desa Batulawang rusak sedang. Kejadian di Desa Karyamukti menyebabkan sebanyak 2 unit rumah rusak sedang.

Longsor juga terjadi di Desa Mulyasari menyebabkan 2 unit rumah rusak sedang. Longsor di Desa Pataruman menyebabkan 2 Unit rumah rusak sedang. Adapun di Desa Sukamukti menyebabkan 1 Unit rumah rusak sedang.

“Masyarakat yang terdampak sudah diungsikan ke tempat yang lebih aman pada tetangga dan saudara terdekat,” tulis Sutopo. (asr)

Share

Video Popular