Penampakan awan aneh meninggalkan lubang yang tampak seperti UFO telah terlihat kemarin pagi di Somerset, dan telah membuat warga setempat sempat heran atas apa yang dilihatnya tersebut. Awan aneh yang dibidik oleh Shepton Mallet, di Somerset.

Fenomena atmosfer langka adalah pembentukan awan aneh tersebut, yang dikenal sebagai fallstreak, atau awan berlubang. Para ahli mengatakan awan menakjubkan yang terlihat seperti sapuan kuas disebabkan oleh suatu kejadian atmosfer yang luar biasa.

Awan-awan asing ini terbentuk ketika suhu di bawah titik beku, tetapi tetesan air di awan belum membeku karena kurangnya partikel es. Ketika partikel es membentuk dengan cepat, hal itu menyebabkan efek domino karena tetesan-tetesan air itu berkaitan dengan kristal-kristal  tersebut, yang menjadikan lebih berat dan kemudian mulai jatuh secara tiba-tiba, meninggalkan lubang besar di awan.

Awan tipis yang terbentuk di tengah lubang itu adalah partikel air yang jatuh. Pesawat terbang yang lewat diduga menjadi alasan di balik pembentukan awan tersebut, karena penurunan tekanan yang disebabkan oleh sayap pesawat atau kibasan baling-baling mendinginkan udara dengan cepat.

Pelangi kadang-kadang terlihat bersama dengan awan fallstreak, berkat pembiasan cahaya dari tetesan air tersebut.

Meteorolo jaringan cuaca, Erin Wenckstern menjelaskan, “Sementara mereka dapat ditemukan di seluruh dunia, lubang  langit adalah agak jarang dan fenomena ini sulit untuk dijelaskan.”

Tinggi jauh di langit, awan tipis terbuat dari air yang super dingin, berarti suhunya di bawah titik beku, tetapi tidak dapat membeku membentuk kristal, karena terganggu oleh pukulan pesawat yang lewat dan mendinginkan udara sekitarnya, akhirnya membentuk kristal es akibat penurunan tekanan.

‘Kristal es tersebut kemudian menyebabkan tetesan air di sekitarnya menguap, meninggalkan lubang yang khas di langit. (ran)

https://youtu.be/3jy_BpmuTrY

Share
Tag: Kategori: SAINS NEWS

Video Popular