Kongres Keenam Partai Komunis Tiongkok/PKT diselenggarakan mulai 24 Oktober di Beijing, Tiongkok. Sore harinya, sebuah insiden ledakan hebat terjadi di perumahan warga kota Yulin, Shaanxi yang menyebabkan banyak korban tewas dan luka. Ledakan juga meninggalkan lubang di tanah sedalam 2 meter dan luas 4 meter.

Media Xinhua melaporkan, terjadi ledakan dalam bangunan dengan konstruksi besi dan plat milik warga Fugo County di kota Yulin pada 24 Oktober sekitar pukul 14:00. Ledakan menyebabkan kerusakan bangunan di sekeliling bangunan itu, sampai berita diturunkan tercatat ada 7 orang yang tewas dan 94 orang dirawat di rumah sakit karena insiden tersebut.

Media ‘Apple Daily’ mengutip sumber ucapan warga setempat melaporkan, penyebab ledakan mungkin berasal dari bahan peledak yang tersimpan di lantai bawah bangunan tersebut.

Laporan menyebutkan bahwa dari foto yang diunggah netizen terlihat bahwa sesaat setelah ledakan terjadi debu membumbung tinggi dan bertebaran sampai memenuhi jalan-jalan di sekitar. Bangunan itu secara total sudah hilang dari pandangan. Dan bangunan Rumah Sakit Xinmin yang berdekatan dengan lokasi ledakan juga mengalami kerusakan berat. Bahkan beberapa netizen menulis dugaan mereka bahwa rumah sakit itu jangan-jangan juga mengalami kerusakan fasilitas sehingga tak mampu lagi dalam waktu dekat untuk mengobati pasien.

Media ‘Hua Shang Bao’ menyebutkan bahwa di sekitar lokasi ledakan itu terdapat sejumlah rumah warga, ledakan dasyat menyebabkan lubang di tanah sedalam 2 meter dengan luas 4 meter.

Senin (24/10/2016) malam, semua tulisan yang berkaitan dengan insiden ledakan di provinsi Shaanxi tersebut sudah dibersihkan dari internet dan fasilitas pencarian berita pun dinonaktifkan. Penyebab ledakan sampai saat ini belum secara resmi dilaporkan pihak yang berwwenang. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular