JAKARTA  – Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta menetapkan tiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang akan bersaing pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Penetapan dilakukan setelah KPUD DKI melakukan verifikasi persyaratan paslon untuk dipastikan telah memenuhi persyaratan.

“Dipenuhinya semua syarat maka Pilkada Jakarta 2017 mendatang akan diikuti 3 pasangan calon,” kata Ketua KPUD DKI,  Soemarno dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (24/10/2016).

Ketiga pasangan calon yang resmi ditetapkan adalah Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat yang diusung oleh  PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Golkar, dan Partai Hanura. Kemudian Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang didukung oleh Partai Gerindra dan PKS dan Agus Yudhoyono Harimurti-Sylviana Murni yang diusung Partai Demokrat, PPP, PAN dan PKB.

Pada saat rapat pleno terbuka, Komisioner KPUD DKI Dahliah Umar menyampaikan bahwa calon petahana Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat telah menyerahkan surat cuti kampanye mulai 28 Oktober 2016 – 11 Februari 2017. Surat pengunduran diri dari anggota TNI juga sudah disampaikan oleh Agus Harimurti Yudhoyono.

Penetapan tiga pasangan calon secara resmi, setelah ketiga paslon mengikuti tahapan-tahapan untuk memenuhi persyaratan mulai pendaftaran dan penyerahan berkas pada 21-23 September 2016. Selanjutnya pemeriksaan kesehatan di RSAL Mintohardjo pada 24 September 2016, pemeriksaan di BNN pada 25 September 2016.

Setelah KPUD mengumumkan secara resmi pasangan calon, KPUD turut mengundang kepada ketiga paslon beserta pendukugnya untuk hadir dalam pengundian nomor urut peserta Pilkada DKI Jakarta pada Selasa, (25/10/2016) malam di JIE Kemayoran.

Turut hadir pada rapat pleno tersebut seluruh komisioner KPU DKI, KPUD Kota/Kabupten DKI Jakarta, Bawaslu DKI Jakarta serta tamu undangan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan.

Penetapan pasangan calon langsung dihadir oleh Agus Harimurti Yudhoyono -Sylviana Murni, serta pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dengan didampingi oleh tim kampanye dan pendukungnya. Sedangkan pasangan petahan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat tak terlihat hadir hingga acara usai. Ahok-Djarot pada acara ini diwakilkan oleh perwakilan partai pendukung. (asr)

Share

Video Popular