Setelah rencana ditunda untuk beberapa saat, seorang mantan anggota polisi Inggris akhirnya memutuskan untuk memulai renang marathon untuk melintasi Lautan Atlantik dari Senegal menuju pantai Brazil yang berjarak 3.000 km.

AFP melaporkan, Ben Hooper, pria Inggris berusia 38 tahun itu langsung beranjak dari kursi pantai sebuah restoran di Hann Bay, kota Dakar, Senegal di mana ia berkumpul dengan keluarga.

Ia lalu  mengucapkan selamat tinggal kepada mereka dan anggota tim yang membantunya, mengatakan “Ayo berangkat !”, sambil mengenakan kacamata renangnya ia tak lupa untuk menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukungnya.

Setelah itu ia berjalan menuju bibir pantai lalu menyelam ke dalam laut yang berombak, memulai renang pemecahan rekor yang akan memakan waktu hampir 5 bulan lamanya.

Ben Hooper awalnya berencana untuk melakukan renang pemecahan rekor pada November tahun lalu, namun dibatalkan karena alasan teknis yang mengganggu kapal pengiringnya. Setelah itu beberapa kali penundaan masih terjadi sehingga baru bisa berangkat pada hari ini.

Untuk menggapai prestasi ini Hooper telah mempersiapkan diri dalam 3 tahun terakhir. Selama ini, Ia berlatih  berenang 10 jam setiap hari. Ia harus mampu berenang selama waktu tersebut setiap harinya agar bisa mencapai target sesuai dengan jadwal waktu yang sudah ia programkan.

“Hari ini baru tiba setelah begitu lama waktu saya lewatkan dalam berlatih dan berlatih,” katanya.

Ia mengatakan bahwa rencana untuk berenang melintasi Lautan Atlantik tersebut terinspirasi dari 2 orang penjelajah Inggris yang tak kenal takut. Masing-masing adalah Ranulph Fiennes yang pernah melintasi kutub utara dan selatan, dan Vivian Fuchs, manusia pertama yang melintasi kutub selatan dengan berjalan kaki.

Jarak antara pantai Senegal sampai Brazil adalah sekitar 3.000 km. Hooper setiap harinya akan membakar sebanyak 12.000 kalori untuk berenang.

BBC melaporkan bahwa 2 buah kapal pendukung akan berada di sekitar Hooper untuk mengiringinya berenang. Dalam kapal ada seorang staf medis, ahli fisioterapi dan seorang pengamat resmi yang ditunjuk oleh Guinness World Records. (CNA/ Zhou Lifang/sinatra/rmat)

Share

Video Popular