JAKARTA – Kapsul Waktu FCTC yang sudah berekspedisi sejak bulan Februari lalu ke 17 kota di Indonesia, berakhir di kota Jakarta, pada Kamis (10/11/2016).  Dua orang Pembaharu Muda (PM) FCTC, yakni Tasripul Iman, PM kota Bekasi, dan Citra Demi Karina, PM kota Jakarta, secara bersama-sama menerima “KAPSUL WAKTU FCTC” diserahterimakan dari PM Kota Klaten, Ruri Putri Kriswanto.

KAPSUL WAKTU FCTC merupakan simbol komitmen 20 Pembaharu Muda dari 17 kota di Indonesia untuk melakukan aksi mendukung Indonesia aksesi FCTC (Framework Convention on Tobacco Control) atau traktat internasional untuk pengendalian global epidemi tembakau.

Pegiat Forum Anak Kota Bekasi, dan Citra, aktivis Forum Anak Jakarta. Iman, panggilan akrab Tasripul, langsung bergiat melakukan edukasi, khususnya setelah selesai mengikuti Pelatihan Pembaharu Muda awal Februari.

Ia bersama Bagja Nugraha, PM dari kota Bogor, sejak Maret sudah melakukan edukasi tentang pentingnya FCTC bagi Indonesia melalui acara talk show.  Edukasi tentang bahaya rokok dan pentingnya FCTC juga dilakukan Iman kepada anak-anak dan remaja di wilayah tempat tinggalnya, di kelurahan Harapan Jaya, kecamatan Bekasi Utara, kota Bekasi.

“Selain melakukan edukasi kami juga menggalang surat dukungan untuk Presiden agar mengaksesi FCTC,” kata mantan Ketua Forum Osis se-Jawa Barat ini.

Aktivis Forum Anak dari Jakarta, Citra Demi Karina mengatakan sejak awal juga berkomitmen memperjuangkan Indonesia yang bersih dari asap rokok dan segala bentuk iklan dan promosi rokok.

Ia tidak hanya memperkuat konsolidasi di internal Forum Anak Jakarta (Foraja), tetapi juga menggerakkan komunitas Pramuka, dan berkolaborasi dengan Fasilitator Forum Anak Nasional di beberapa kota. Hasilnya, sejak April Citra bersama Foraja melakukan  edukasi ke Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) untuk memperkuat sosialisasi kawasan tanpa rokok (KTR).

“Concern kami adalah terus membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya penerapan KTR,” paparnya.

Citra terpilih menjadi salah satu perwakilan anak yang berkesempatan menyerahkan langsung surat dukungan Presiden mengaksesi FCTC, pada perayaan Hari Anak Nasional di Mataram pada 23 Juli 2016.

“Saat menyerahkan surat kepada Ibu Puan Maharani, saya titip pesan kepada Beliau untuk menyampaikan surat dukungan ini kepada Presiden Jokowi,” kata pehobi baca buku dan travelling ini. (asr)

 

Share

Video Popular