JAMBI – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan bahwa  Gunung Kerinci di Jambi kembali erupsi berdasarkan pantauan visual pada Sabtu (19/11/2016) pukul 07.24 WIB berdasarkan Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Kerinci.

“Terpantau asap kelabu tebal tinggi 800-1000m dari puncak, sebaran kearah tenggara,” keterangan PVMBG dalam akun instagramnya pvmbgcvghm.

Rekomendasi yang dikeluarkan oleh PVMBG adalah kepada masyarakat disekitar Gunung Kerinci, pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah yang ada di puncak Gunung.kerinci dalam radius 3 km dari kawah aktif.

PVMBG meminta masyarakat dilarang beraktifitas dalam radius bahaya/KRB III. Sebaiknya jalur penerbangan di sekitar Gunung kerinci dihindari karena sewaktu- waktu masih dapat terjadi abu dengan ketinggian yang bisa mengganggu jalur terbang.

Sehari sebelumnya, PPGA Kerinci secara visual melaporkan pada Jumat (18/11/2016) pukul 8.34 wib terlihat tinggi abu Gunung Kerinci sekitar 500-600 m condong ke barat-barat laut pada pukul 8.34 WIB.

Hingga kini tidak ada peningkatan status gunung, dimana status gunung tetap Waspada (level II). Status Waspada ini oleh PVMBG ditetapkan sejak 9 September 2007 hingga sekarang. Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Sumatera (3.805 m dpal) sehingga jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci diminta dihindari. (asr)

Share

Video Popular