Pemerintah Kuba pada Jumat (25/11/2016) mengumumkan bahwa mantan Ketua Partai Komunis Kuba Fidel Castro telah meninggal dunia dalam usia 90 tahun dengan tanpa menyertakan penyebab kematiannya.

Kepala Negara Kuba Raul Castro, saudara kandung dari Fidel Castro yang kini berusia 85 tahun juga menyatakan tentang kematian abangnya. Ia menyebutkan bahwa Fidel Castro meninggal dunia pada Jumat (25/11/2016) pukul 22:29.

Fidek Castro mulai menghilang dari mata publik sejak 2006 ia dilarikan ke rumah sakit untuk menerima operasi darurat karena pendarahan usus. Kondisi kesehatan rupanya menjadi dorongan bagi dirinya untuk menyerahkan sementara kekuasaan kepada adiknya Raul.

Dan 2 tahun kemudian, yakni pada 2008 ia secara resmi mengumumkan mundur dari kedudukan di Dewan Negara Kuba dan secara permanen menyerahkan kekuasaan kepada adiknya. Sejak itu ia jarang muncul dalam kegiatan umum.

19 April tahun ini, di luar dugaan Fidel Castro melakukan penampilan publik dengan ikut hadir dalam acara pertemuan di hari terakhir Kongres Nasional Partai Komunis Kuba dan menyampaikan pidato. Tetapi ada media yang melaporkan bahwa penampilan Fidel Castro di depan publik yang terakhir adalah pada 13 Agustus, ketika ia menghadiri konser musik yang diadakan di Karl Marx Theater, Havana.

Fidel Castro lahir pada 1926. Mulai berhubungan dan secara aktif berpartisipasi dalam dunia politik sejak ia studi di universitas pada 1947. Ia berhasil mengobarkan Revolusi Kuba pada 1959 dan menggulingkan kepemimpinan sayap kanan Batista yang diktator dan membentuk rezim komunis di Kuba. Setelah menjabat sebagai perdana menteri. Fidel Castro mulai memerintah Kuba selama lebih dari setengah abad dengan kediktatorannya.

Tetapi kemudian, hubungan bilateral dengan AS memburuk hingga terjadi perang dingin. Situasi itu semakin memburuk setelah terjadi krisis rudal Kuba pada 1962. Kedua negara saling bermusuhan dan hubungan bilateral terputus sampai pada 2015.

Presiden Obama melakukan normalisasi. Kunjungan Obama ke Kuba pada Maret tahun ini menjadi bersejarah karena secara resmi mengakhiri perang dingin yang terjadi di antara kedua negara bertetangga tersebut. (Sinatra/rmat)

Share

Video Popular