JAKARTA – Ketua DPR RI Ade Komaruddin menyatakan ikhlas saat posisinya digantikan sebagai Ketua DPR RI dengan Ketum Golkar Setya Novanto berdasarkan keputusan DPP Partai Golkar. Oleh karena itu, Akom berharap kinerjanya selama dia menjadi sebagai Ketua DPR bersama pimpinan lainnya terus bermanfaat.

“Mudah-mudahan apa yang saya lakukan selaku Ketua DPR RI bersama teman-teman saya, para pimpinan, akan trus memberikan manfaat dan tidak dilupakan. Tentu dengan kekurangan, terutama institusi ini agar sesuai dengan keinginan rakyat,” kata Akom dalam jumpa pers di DPR RI, Jakarta, Senin (28/11/2016) malam. Turut mendampingi pada jumpa pers itu Fadli Zon, Taufik Kurniawan, dan Fahri Hamzah.

Pada kesempatan itu, Akom menyatakan pimpinan DPR sudah menerima usulan pergantian ketua DPR dan sudah dipelajari. Tak hanya itu, Akom terkait pergantian selaku Ketua DPR mengaku sudah berkonsultasi dengan senior partai, tokoh senior bangsa, tokoh agama dan rekan-rekan saya sesama aktivis parpol dan HMI.

Terkait pergantian, Akom menyatakan berpegang teguh pada prinsip bahwa jabatan adalah amanah yang datang dari Allah SWT dan cara untuk memberikan kontribusi yang baik kepada bangsa dan negara. Oleh karena itu, jabatan yang merupakan amanah diberikan atau diambil, Akom menyatakan siap dan ikhlas.

Terlebih-terlebih untuk keutuhan NKRI, apalagi sekarang situasi tentang penghormatan plurarisme dan keanekaragaman sedang mendapat ujian dan Akom menyatakan harus siap demi keuutuhan NKRI.

Menurut Akom, soal keputusan DPP Golkar dirinya menegaskan sebagai orang yang taat pada peraturan termasuk aturan organsiasi Partai Golkar. Dulu sebelum partai masih golongan, Akom mengatakan sebagai kader dirinya ingin menempatkan, keutuhan partai pada tempat di atas segala kepentingan pribadi dan keluarga.

Akom mengaku dirinya lahir batin dan keluarga bertaruh untuk sekali lagi memperbaiki institusi DPR agar lebih baik untuk masyarakat untuk memilihnya ketika dirinya dilantik 11 Januari 2016 lalu. Akom juga menyatakan menghormati mekansime hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tetap berkontribusi dengna yang terbaik.

“Saya sendiri tentu sudah siap untuk menerima apapun yang terjadi pada diri saya. Saya akan memberikan kontribusi terbaik bila saya tidak di sini lagi sebagai Ketua DPR dengan kapasitas saya dimana pun. Saya ikhlas dengan amanah,” katanya. (asr)

Share

Video Popular