BANDUNG – Terjadi gempa bumi di 72 km sebelah barat daya Kota Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (13/12/2016) pukul 18:28:46 WIB. Pusat gempa bumi terletak di Menurut BMKG, pusat gempa bumi berada pada koordinat 7.43°LS dan 106.51°BT, dengan magnitudo 5.0 SR pada kedalaman 89 km, pada jarak 72 km barat daya Kota Sukabumi, Jawa Barat.

GeoForschungsZentrum (GFZ) Jerman melalui GEOFON program menginformasikan bahwa gempa bumi berpusat pada koordinat 7.43°LS dan 106.51°BT dengan magnitudo 4.7 Mw di kedalaman 97 km.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian ESDM dalam analisanya dikutip Rabu (14/12/2016) menyebutkan daerah di sekitar pusat gempabumi yang terlanda goncangan gempabumi disusun oleh endapan Kuarter berupa endapan aluvial pantai, endapan aluvial sungai, endapan rombakan gunungapi, dan batuan sedimen Tersier yang sebagian telah mengalami pelapukan.

Menurut PVMBG, batuan sedimen berumur Tersier yang mengalami pelapukan dan endapan Kuarter pada umumnya bersifat urai, lepas, belum kompak (unconsolidated), dan memperkuat efek goncangan gempabumi, sehingga rawan terhadap gempabumi.

Berdasarkan posisi pusat gempabumi dan kedalaman, maka penyebab gempabumi ini adalah akibat aktivitas subduksi antara Lempeng Benua Eurasia dan Lempeng Samudra Indo – Australia.

Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari pemerintah daerah dan BPBD setempat. Masyarakat diminta tak terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami. Gempabumi ini tidak menimbulkan tsunami, walaupun pusat gempanya berada di laut, energi gempa ini tidak cukup kuat untuk menimbulkan tsunami. (asr)

Share

Video Popular